Cara Membuat Bakso Ayam Yang Mudah dan Praktis

Pada ulasan kali ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat bakso ayamBakso atau baso adalah jenis bola daging yang sering ditemukan pada masakan Indonesia.

Bakso biasanya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioka, namun ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam, ikan, atau udang bahkan daging kerbau.

Dalam penyajiannya, bakso biasanya disajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu, terkadang telur dan ditaburi bawang goreng dan seledri.

Bakso sangat populer dan sering ditemukan di seluruh daerah Indonesia. Dari gerobak pedagang kaki lima sampai restoran besar.

Pada ulasan saya kali ini, saya akan membahas tentang cara membuat bakso ayam, dan kuliner yang dapat dibuat dari olahan bakso ayam. Buat para pencinta kuliner, atau anda-anda yang suka memasak.

Resep-resep berikut cocok untuk dicoba dirumah, ataupun menjadi sebuah bisnis atau usaha rumahan yang menguntungkan.

Mungkin anda-anda yang akan mengadakan arisan atau reuni di rumah anda, kuliner-kuliner dibawah ini bisa menjadi camilan untuk teman mengobrol anda.

Resep Cara Membuat Bakso Ayam

 

Bahan Untuk Cara Membuat Bakso Ayam :

  • Daging ayam 1 kg, tanpa tulang, giling
  • Tepung kanji 50 g
  • Telur 1 butir
  • Lada bubuk 1 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 5 siung, haluskan
  • Bawang merah goreng 2 sdm
  • Es batu 100 g, hancurkan
  • Air 2 L

Cara Membuat Bakso Ayam

  1. Masukkan daging ayam yang sudah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam, bawang putih yang sudah dihaluskan dan bawang merah goreng. Campur atau aduk dengan tangan atau dapat menggunakan alat sampai semua tercampur merata.
  2. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu seddikit demi sedikit sampai dirasa adonan dapat dibentuk.
  3. Rebuslah air dalam panci sampai mendidih
  4. Ambil adonan daging menggunakan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar dari jari telunjuk dan jempol.
  5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air mendidih.
  6. Lanjutkan sampai semua adonan habis.
  7. Jika bakso sudah mengapung maka bakso sudah matang. Lalu diangkat.

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

Manfaat Mengkonsumsi Daging Ayam

1. Memenuhi Kebutuhan Protein

Daging ayam adalah sumber protein sehat yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian.

Protein bisa menggantikan karbohidrat untuk diubah menjadi energi dan memiliki fungsi dalam membangun dan memelihara struktur dalam tubuh.

2. Obat Anti-Depresan Alami

Daging ayam mengandung asam amino triptophan yang memiliki fungsi seperti obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin pada otak, membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

3. Melawan Penyakit

Sup ayam sering kali menjadi menu makanan melawan penyakit karena bisa pembangkit tenaga dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Kandungan antioksidan dalam daging ayam memiliki efek positif dalam melawan penyakit degeneratif seperti misalnya radang, kardiovaskular, dan neurologis.

4. Mengatur Kadar Kolesterol

Makan daging ayam tanpa lemak juga efektif dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah, terutama kadar kolesterol jahat.

Kandungan nutrisinya yang sehat mampu menjaga stabilitas kadar kolesterol.

5. Merangsang Aktivitas Metabolik

Protein bukan hanya diubah menjadi energi namun juga berperan aktif menjaga metabolisme tubuh yang sehat.

Manfaat Telur Ayam

Manfaat Telur Ayam

1. Kaya Akan Protein 

Manfaat telur yang pertama adalah kandungan protein yang sangat penting untuk tubuh. Telur mengandung banyak sekali protein yang bermanfaat untuk tubuh.

Protein merupakan pembentuk utama dalam tubuh kita yang mempunyai banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat.

Dalam sebutir telur, terdapat protein sekitar 6,5 gram. Selain itu pada sebutir telur juga mengandung asam amino. Di dalam telur ada sekiranya 9 jenis dari asam amino yang tidak bisa dibuat oleh tubuh. Kita cuma bisa mendapatkan ke sembilan jenis asam amino tersebut dari makanan yang dikonsumsi.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata

Salah satu vitamin yang bagus untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan ketajaman mata dan kesehatan mata menurun.

Selain itu, kekurangan vitamin A juga bisa membuat seseorang beresiko terkena gangguan mata seperti halnya penyakit degenerasi makula dan katarak. Bukan hanya vitamin A, namun telur juga mengandung Zeaxanthin dan Lutein yang merupakan dua antioksidan yang baik untuk mata.

Kedua antikosidan yaitu Lutein dan Zeaxanthin tersebut biasanya terkumpul pada area retina yang berfungsi untuk melindungi dari beragam jenis bahaya.

Tidak hanya anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua, namun semua orang membutuhkan kedua jenis antioksidan ini.

Hebatnya lagi, telur telah digunakan untuk pengobatan mata seperti katarak.

Semakin hari kesehatan serta ketajaman mata bisa berkurang karena berbagai faktor.

Untuk mengantisipasi hal buruk bisa terjadi, sebaiknya anda secara rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A yang dapat menjaga mata anda supaya lebih baik.

3. Mengandung Beberapa Jenis Vitamin B serta Sumber Folat

Bagian putih telur merupakan sumber riblflavin serta selenium serta vitamin esential seperti kolin, niasin betain, B12 serta folat. Vitamin esential yang berupa folat ini baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil beserta janin yang dikandungnya.

Tidak hanya itu, namun folat juga baik digunakan dalam membantu perkembangan otak janin, mengurangi resiko bayi terlahir secara prematur, mengurangi resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah dan lain-lain.

Kandungan kolin di dalam telur bermanfaat untuk membantu perkembangan jaringan sel tubuh yang sehat.

Di dalam telur mengandung kolin yang ternyata menjadi salah satu jenis nutrisi yang tidak didapatkan secara kecukupan dalam kehidupan sehari- hari.

Namun di dalam sebutir telur,  anda dapat mendapatkan kandungan nutrisi kolin sekitar 100 miligram. Bagi ibu-ibu yang mempunyai anak kecil, harus tahu mengenai kehebatan kolin dan berusaha untuk mencukupinya untuk kesehatan dan perkembangan otak anak-anak.

Kolin menjadi salah satu jenis nutrisi yang sering direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Bukan hanya bagus untuk otak, tetapi kolin juga berperan dalam membantu dalam membentuk membran sel dan memproduksi molekul sinyal pada otak serta mempebaiki fungsi daya ingat otak dan lain-lain.

Mengonsumsi sebutir telur secara rutin perhari bisa digunakan untuk mencukupi 28% kebutuhan kolin bagi ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi kolin secara rutin semasa kehamilan dan menyusui supaya nutrisi yang baik untuk otak tersebut bisa sampai pada anak.

4. Memiliki Banyak Kandungan Nutrisi

Dalam sebutir telur dapat ditemukan banyak sekali jenis nutrisi yang berperan baik dalam kesehatan. Berbagai jenis nutrisi baik yang dapat ditemukan dalam sebutir telur yaitu:

  • Zat besi
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Kalsium
  • Seng (zync)
  • Mineral

Beragam vitamin dan mineral dalam telur memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

5. Tidak Membuat Kolesterol Meningkat

Manfaat telur juga bisa meningkatkan kolesterol baik, namun tidak berbahaya. Pada tahun 90an, telur menjadi salah satu makanan yang dianggap buruk bagi kesehatan karena dianggap mengandung kolesterol yang lumayan tinggi.

Pernyataan bahwa telur memang mengandung kolesterol yang tinggi tersebut memang benar dan sudah diuji melalui penelitian. Pada sebutir telur terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 210 mg.

Hal yang harus diluruskan disini yaitu ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, tidak selalu membuat kolesterol pada tubuh kita meningkat.

Liver merupakan organ dalam tubuh yang memproduksi liver dengan jumlah banyak pada setiap harinya. tetapi ketika yang kita konsumsi adalah telur maka liver hanya akan memproduksi kolesterol dengan jumlah sedikit.

Jika kolesterol dalam tubuh anda cukup tinggi dan ragu-ragu boleh tidaknya mengonsumsi telur, maka anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter terlebih dahulu.

6. Telur Dapat Meningkatkan Level HDL

HDL atau High Density Lipoprotein yaitu merupakan kolesterol baik di dalam tubuh. Orang yang memiliki HDL dengan kadar tinggi berarti memiliki resiko terkena stroke, penyakit jantung dan berbagai gangguan kesehatan lain yang lebih rendah.

Telur merupakan salah satu asupan baik yang bisa meningkatkan level HDL di dalam tubuh. Pada sebuah penelitian, disebutkan bahwa jika mengonsumsi telur sebanyak 2 butir setiap hari, dapat meningkatkan level HDL anda sebanyak 10 di dalam tubuh.

Kuliner yang Dapat Dibuat Dari Bakso Ayam

Cara Membuat Bakso  Ayam Bakar

Cara Membuat Bakso  Ayam Bakar

Bahan Cara Membuat Bakso Ayam Bakar :

  •  500 gram daging ayam yang dipisahkan dari tulangnya kemudian haluskan dagingnya
  •  50 gram terigu protein sedang
  •  50 gram tepung kanji merk apapun
  •  2 butir telur ayam.

Bahan Adonan :

  • tepung terigu 2 sendok makan
  • 2 sendok makan minyak gorenng yang masih belum terpakai
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • ½ sendok teh garam dapur
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 8 siung bawang putih yang sudah dikupas kulitnya
  • Siapkan 1 liter air untuk rebusan

Bahan untuk bumbu :

  •  50 gram kacang sambal
  •  Kecap kental manis
  •  Gula 1½ sdm
  •  Garam 2 sdm
  •  Cabe rawit merah sesuai selera anda

Langkah Cara Membuat Bakso Ayam  Bakar  :

1. Siapkan tempat pemrosesan bahan, pertama haluskan bumbu adonan menjadi satu, kecuali minyak, lalu masak diatas api kecil sambil diauk-aduk hingga mengental.

2. Siapkan wadah untuk daging ayam, masukkan adonan biang ke dalam campuran daging ayam yang sudah dihaluskan, tambahkan telur yang sudah dikocok serta tambahkan pula tepung terigu dan kanji masing-masing 50 gram.

3. Aduk hingga rata semua bahan tersebut, cicipi rasanya apakah sudah sesuai dengan selera anda.

4. Rebuslah 1 liter air diatas api kecil jangan sampai mendidih, bentuklah adonan bakso berbentuk bulat-bulat dengan cara masukan adonan bakso pada tangan kiri, kepalkan tangan hingga adonan bakso keluar di antara jari jempol dan telunjuk, lepaskan dengan menggunakan sendok. Bentuk semua adonan hingga adonan habis.

5. Setelah keseluruhan terbentuk dan sudah berada di rebusan air, besarkan apinya menjadi api berukuran sedang, tunggu hingga adonan bulat-bulat tadi sampai matang.

6. Tunggu sampai matang dan mengembang, pertanda apabila sudah matang, adonan bakso akan mengapung ke atas air.

7. Apabila sudah matang, tiriskan dan dinginkan.

8. Masukkan bakso yang sudah matang ke tusuk sate, untuk 1 buah tusuk sate anda dapat memasukkan 4–5 buah bakso, sesuai panjang dari tusuk sate.

9. Panggang diatas api kecil dengan sebelumnya, pentol yang sudah ditusuk tadi dioles dahulu dengan sedikit kecap manis.

10. Terakhir bakso bakar siap disajikan bersama keluarga tercinta.

Cara Membuat Bakso Ayam Kuah Pedas

Cara Membuat Bakso Ayam Kuah Pedas

Bahan-Bahan

  • 500 gram daging ayam fillet
  • 250 gram tepung sagu tani
  • 2 butir telur
  • 4 siung bawang putih
  • 1 bungkus ladaku
  • 2 buah bawang merah diiris dan digoreng
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Bubuk pala
  • 1 sachet Royko ayam
  • secukupnya Gula
  • secukupnya Baking powder
  • 250 gram cabai rawit merah

Langkah-langkah Cara Membuat Bakso Ayam Kuah Pedas

  1. Blender ayam dan bawang putih sedikit demi sedikit supaya sampai halus. Taruh ayam yang sudah diblender ke baskom, tambahkan telur, pala bubuk, ladaku, royko, baking powder, garam, gula, tepung,bawang goreng, aduk adonan lalu banting2 sampai 10x sampai adonan kalis, bila adonan terlalu padat tambahkan sdikit air.
  2. Panaskan air sampai mendidih matikan kompor lalu angkat
  3. Bentuk bakso masukkan ke air yg sudah mendidih tadi
  4. Lakukan sampai habis adonan bakso
  5. untuk kuah, siapkan cabe rawit  merah bawang putih, bawang merah,  dan sedikit biji pala
  6. Uleg kasar bumbu kuah kecuali pala
  7. Tumis bumbu sampai harum lalu tambahkan air
  8. Tambah daun bawang iris dan sdikit tetelan sapi
  9. Masak sampai matang dan tetelan empuk
  10. Bakso siap dihidangkan
  11. Pelengkap saos,bawang goreng, kecap,seledri

Cara Membuat Bakso Ayam  Mercon

Cara Membuat Bakso Ayam  Mercon

Bahan-Bahan Dalam Resep Cara Membuat Bakso Ayam Mercon:

  • 300 gram daging sapi segar (potong-potong ssuai selera)
  • 2 sendok teh garam kasar
  • 1/4 sendok teh poly powder
  • 25 gram putih telur
  • 150 gram es serut
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan bawang merah (goreng )
  • 1 sendok makan bawang putih (goreng )
  • 100 gram sagu aren
  • 25 gram urat sapi (potong kecil-kecil)
  • 15 buah cabai rawit merah (diiris)

Bahan Kuah Bakso Ayam Mercon :

  • 500 gram tulang sapi
  • 2.500 ml air
  • 3 tangkai seledri (ikat simpul)
  • 2 batang daun bawang (ikat)
  • 5 siung bawang putih (digoreng utuh dan memarkan)
  • 1 1/2 sendok makan garam
  • 1/4 sendok teh merica bubuk
  • 1/2 sendok makan gula pasir
  • 1/2 sendok teh penyedap rasa
  • 25 gram bawang merah (goreng )

Bahan Sambal Dalam Resep Bakso Ayam  Mercon:

  • 6 buah cabai merah keriting (rebus)
  • 15 buah cabai rawit merah (rebus)
  • 2 siung bawang putih (rebus)
  • 250 ml air
  • 1/4 sendok teh garam

Bahan Pelengkap Dalam Resep Bakso Ayam Mercon:

  • 10 batang daun bawang kecil
  • 175 gram bihun kering (seduh)
  • 10 tangkai seledri (iris)
  • 100 gram mi telur
  • 10 sendok makan bawang merah (goreng )

Langkah-Langkah Cara Membuat Bakso Ayam Mercon:

  1. Bakso, masukkan daging sapi dan garam pada food prosesor. Giling sebentar hingga agak lembut.
  2. Masukkan poly powder, putih telur, es serut, penyedap rasa, merica bubuk, bawang putih goreng, serta bawang merah goreng. Giling hingga lembut.
  3. Tambahkan tepung sagu. Giling rata sampai lembut dan kalis. Masukkan urat sapi dan cabai rawit. Giling sebentar.
  4. Ambil sedikit adonan. Bentuk bulat besar. Masukkan dalam air mendidih. Rebus sampai matang. Tiriskan.
  5. Untuk kuah, rebus tulang sapi pada air mendidih bersama seledri dan daun bawang di atas api kecil sampai berkaldu. Saring.
  6. Masukkan bawang putih goreng, garam, merica bubuk, gula pasir, serta penyedap rasa. Lalu masak hingga mendidih.
  7. Tambahkan bawang merah goreng yang diremas-remas. Aduk rata.
  8. Untuk sambal, blender halus bahan sambal kecuali garam. Rebus lagi sampai mendidih. Tambahkan garam. Aduk rata.
  9. Sajikan bersama pelengkap, kuah, dan sambalnya

jika anda ingin mengetahui bagaimana peluang usaha depot air minum,anda bisa menyimak pada ulasan berikut.

itulah ulasan bagaimana cara membuat bakso ayam serta kuliner yang dapat dibuat dari olahan yang dapat dibuat dari bakso ayam yang bisa anda coba dirumah, ataupun anda yang ingin membuat bisnis kuliner yang sederhana, mudah dan praktis Semoga bermanfaat.