Peluang Jadi Pengusaha Pengupas Bawang,Yuk Dibaca !!

Kalian tau usaha bawang kupas ? Yuk mari kita simak artikel kali ini ! Disini saya akan membahas tentang usaha bawang kupas, dari usaha ini kalian akan menemukkan peluang yang  cukup menguntungkan yaitu menjadi pengusaha pengupas bawang.

 

Di masa seperti saat ini ketika teknologi semakin berkembang semua dituntun untuk serba cepat. Banyak orang menginginkan semuanya serba praktis.
Kehadiran mesin-mesin canggih ini tentunya membawa dampak positif tersendiri bagi para pelaku usaha. Tak terkecuali dalam dunia kuliner juga memerlukan alat-alat canggih untuk membantu proses pembuatannya.
Bawang merupakan bumbu dasar dari hampir semua masakan. Bawang sendiri seperti bumbu wajib yang harus ada hampir di setiap masakan yang ada di Indonesia.
Bawang termasuk tanaman dari genus Allium sekaligus dari nama umbi yang dihasilkan. Bawang sendiri kaya akan manfaat mulai dari bumbu untuk masakan sampai untuk pengobatan.
Kebutuhan akan bawang setiap orang tidak sama, untuk skala rumah tangga mungkin tidak memerlukan terlalu banyak hal ini tentu berbeda dengan para pelaku usaha kuliner yang memerlukan bawang dengan jumlah yang banyak.
Sebelum dijadikan bumbu bawang harus melalui serangkai tahap pemrosesan mulai dari pengupasan hingga menghalusan.

Selain itu, ketika musim panen bawang tiba, biasanya para pelaku usaha akan menyetok bawang dengan jumlah banyak karena pada saat musim panen harga bawang cenderung turun. Untuk mensiasati melimpahnya bawang, biasanya dijadikan olahan bawang goreng.

Adapun upah jasa mengupas bawang satu karung berbobot dua kilo akan diganjar, Rp. 12.000 rupiah, tergantung kecepatan dan tekad saja yang akan meningkatkan penghasilan mereka, kadang ada juga yang satu hari bisa menyelesaikan tiga karung, tapi sangat jarang bila dilakukannya sendiri, biasanya rombongan melibatkan anak, suami dan saudara-saudaranya.

Juragan bawang setiap hari akan mengambil hasil kupasan bawang yang telah selesai dan akan berlanjut dengan supply karung bawang lainnya. Pembayaran akan mereka peroleh setiap 15 hingga 20 hari berikutnya, tapi mereka bisa saja meminta segera digelontorkan upah jasanya, karena terdesak oleh kebutuhan dapur atau biaya anak-anak mereka di sekolah.

Hasil kupasan bawang akan dialokasikan untuk memenuhi orderan pihak hotel, restauran, dan lainnya. Permintaan ini akan terus berlanjut selama supplier mampu memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan.

bawang merah memang benar-benar “berkhasiat” membuat seseorang menangih. Bahkan orang sekuat Chuck Norris atau Sylvester Stallone pun bisa meneteskan air mata gara-gara bawang merah. Penyebabnya adalah senyawa enzim dan sulfur (belerang) yang terkandung di dalam bawang merah.

Menurut Dr. Gerry Russell, profesor food biochemistry dari University of California, saat seseorang mengupas dan mengiris bawang merah, enzim dan senyawa sulfur bakal bereaksi dan menghasilkan gas bersifat mudah menguap.

Gas kemudian bercampur dengan udara sekitar dan menghasilknya senyawa sulphuric acid, yang bila terkena mata akan menimpulkan sensasi perih dan membuat mata memroduksi air mata untuk meredakan iritasi.

Daripada merasakan perih yang bisa bikin Sahabat Braito kembali mengingat masa-masa diputus sama mantan, yuk, hindari dengan beberapa tips aman mengupas bawang merah tanpa tetesan air mata.

Dinginkan Bawang Merah

Dalam usaha bawang kupas bawang merah yang didinginkan di dalam lemari es selama beberapa saat tidak akan membuat mata pedih. Ini karena proses pendinginan memperlambat reaksi kimia yang dilepaskan saat bawang mulai dipotong.

Daripada kalian hanya membaca ini,saya menyarankan anda untuk membaca juga kerajinan tangan dari botol bekas.

Pakai Pisau Tajam

Pisau dengan bilah yang tajam akan membantu mengurangi peungapan zat bawang merah yang bikin mata perih. Bila menggunakan pisau tumpul, gesekan yang berlebihan akan memperbanyak gas yang keluar.

Gigit Korek Api

Cara lain yang lebih sederhana adalah dengan menggigit korek api. Tujuannya, ketika mata mulai terasa perih, gigitan pada korek api akan mencegah air mata supaya tidak mengalir.

Permen Karet

Dalam usaha bawang kupas permen Karet juga dipercaya bisa digunakan untuk mengurangi siksaan saat memotong bawang. Dengan mengunyah permen karet, otot wajah, terutama daerah mata akan bergerak aktif, menangkal zat-zat yang bikin mata terasa pedih.

Bantuan Air

Mengupas dan mengiris bawang di bawah air yang mengalir juga dipercaya bisa menghilangkan zat-zat pada bawang yang bisa bikin mata terasa perih.

Potong Bagian Atasnya

Menurut petunjuk The National Onion Association, air mata yang diproduksi oleh indera penglihatan akan berkurang bila Anda memotong bawang pada bagian teratas lebih dulu, kemudian baru mengupas kulit luarnya.

Biarkan Akar Bawang 

Cara lain yang dianjurkan oleh The National Onion Association adalah dengan membiarkan bagian akar bawang tetap utuh , tak terpotong. Konon, ujung akar bawang memiliki kandungan terbesar dari senyawa belerang, yang menjadi salah satu unsur penyebab mata pedih.

Cuka

Semprotkan sedikit larutan cuka di atas permukaan talenan. Kabarnya, larutan cuka bakal menghentikan reaksi belerang yang dihasilkan oleh bawang.

Pakai Kipas Angin

Cara sederhana lainnya adalah dengan memasang kipas angin di dekat Anda, Sahabat Braito. Angin yang berhembus akan mengusir senyawa belerang yang menguap dari bawang, dan mengusirnya sebelum sampai ke dalam mata.

Bila bawang terlalu bandel dan tetap bikin Anda mengeluarkan air mata, segera berikan tetes mata Braito Original. Obat tetes mata terbaik yang akan meredakan iritasi mata, yang salah satunya bisa terjadi gara-gara irisan atau kupasan bawang. Gunakan 1-2 tetes pada bagian mata yang terasa pedih. Biarkan beberapa saat hingga mata terasa segar kembali sebelum mulai mengupas bawang lagi.

Manfaat Bawang Merah

Bawang merah merupakan bumbu wajib yang sering digunakan untuk menyedapkan masakan.

Bisa disebut bawang merah hampir pasti ada dalam masakan, terutama masakan kita yang memang sangat bergantung pada rempah dan bumbu.

Nah, selain bisa menyedapkan makanan, bawang merah juga termasuk bahan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Nah inilah manfaat luar biasa jika kita makan bawang merah secara teratur.

1. Mencegah Peradangan dalam tubuh

Bawang merah mengandung bahan penting yang berguna tubuh, kandungan antioksidannya sangat kuat yang berguna menjaga organ-organ tetap sehat. Selain itu, bawang merah juga bersifat antiperadangan yang berguna mencegah kerusakan dari dalam.

2 Menjaga Kesehatan Tulang

Mengkonsumsi bawang merah secara teratur juga bermanfaat bagi tulang, bagi anak muda bawang merah bermanfaat untuk pertumbuhan sedangkan bagi lansia bawang merah dapat menjaga kepadatan tulang sehingga bisa kita bisa terhindar dari penyakit tulang keropos.

3 Mencegah Kanker

Dalam sebuah peneltian American jurnal of clinical Nutrition menyebutkan bahwa orang-orang yang rajin makan bawang merah setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker.

4 Menyehatkan Sistem Pencernaan

Bawang merah memiliki kandungan bernama inulin, ini merupakan sejenis serta unik yang dikandung bawang merah. Kandungan ini ternyata memiliki manfaat hebat untuk tubuh yakni untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda. Serat ini hampir mirip seperti prebiotik yang berguna merawat usus.

5 Menurunkan Kolesterol dan gula darah

Orang yang rajin konsumsi bawang merah ternyata berdampak pada kolesterol dalam tubuh, jika anda ingin kolesterol turun maka konsumsilah bawang merah. Selain itu, rajin konsumsi bawang merah juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam darah Anda.

Manfaat Bawang Putih

1. Mencegah kanker

Senyawa sulfur bioaktif pada bawang putih diyakini memiliki efek pada setiap tahap pembentukan kanker. Senyawa ini dapat mempengaruhi proses biologis sehingga kanker tidak sempat dan tidak jadi terbentuk. Hal ini juga dikarenakan kandungan PhIP, salah satu bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang dapat memicu kanker payudara pada perempuan akan dihambat perkembangannya serta diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

2. Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan melawan kuman, bakteri, dan mikroba yang menjadi penyebab infeksi paru-paru. Rajinlah mengkonsumsi bawang putih 2 siung setiap hari.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan dan juga allicin. Kedua senyawa ini memiliki kemampuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan melancarkan sistem peredaran darah dan juga menyehatkan arteri.

4. Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih secara teratur sudah terbukti dapat meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Dan juga secara signifikan dapat memangkas kolesterol jahat atau LDL hingga 15%. Tidak perlu khawatir, karena bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (HDL).

5. Mengobati keputihan

Bawang putih sudah merupakan resep herbal turun temurun dikarenakan zat-zat yang mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih dapat dikatakan cukup efektif. Mengkonsumsi bawang putih secara rutin bahkan dapat menghambat bakteri masuk pada area kewanitaan Anda. Anda bisa mengkonsumsi bawang putih dengan cara apapun asalkan rutin dan teratur. Begitulah cara mengobati keputihan dengan bawang putih.

6. Mencegah alzheimer dan demensia

Mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak terbukti dapat meningkatkan enzim antioksidan pada tubuh, hal ini akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga dapat mencegah alzheimer dan demensia.

7. Mengobati sakit gigi

Sakit gigi umumnya disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Nah, anti-bakteri pada bawang putih akan segera membasmi. Dan juga kandungan analgesiknya ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi akibat sakit gigi.

8. Meningkatkan imunitas

Semua kandungan yang ada pada bawang putih terutama vitamin C nya akan menguatkan sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh Anda. Anda bisa mengkonsumsinya baik dengan cara dimakan mentah maupun di jus.

9. Meningkatkan metabolisme tubuh

Enzim alami yang ada pada bawang putih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda.

10. Membantu menurunkan berat badan

Dengan lancarnya sistem metabolisme tubuh seperti yang telah dijelaskan pada poin 8, maka lemak yang tertumpuk pada bagian tertentu pada tubuh akan berkurang karena kini Anda mempunyai sistem metabolisme tubuh yang lebih baik

11. Mengobati sinusitis

Sifat anti bakteri pada bawang putih akan membantu mengurangi radang di rongga hidung sehingga bernapas akan menjadi lega dan juga mengurangi sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis.

12. Mengobati flu

Tidak hanya sinusitis saja, bahkan bawang putih juga dapat mengobati flu. Sifat anti bakteri dan anti mikroba akan membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

13. Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang terjadi karena peradangan seperti kulit mengelupas, gatal, dan disertai nyeri. Sifat anti-inflamasi pada bawang putih dapat mengobati penyakit tersebut. Anda bisa memakan mentah bawang putih bisa juga dengan mengoles-oles bawang putih pada kulit yang mengalami peradangan.

14. Mengobati jamur kaki

Sama halnya dengan poin 12, sifat anti-inflamasi dapat mengobati hingga sembuh jamur kaki dan juga dapat mengeringkan luka dan menyamarkan bekas jamur kaki.

Demikianlah penjelasan tentang usaha bawang kupas,semoga dengan membaca artikel ini bisa bermanfaat dan bisa berguna bagi orang lain. Maaf bila ada salah dalam pengetikkan penjelasan tentang bawang kupas.