Kerajinan Tangan Dari Botol Bekas Yang Unik Dan Mudah, Mari Coba !

Botol bekas merupakan salah satu barang yang bisa saja dianggap limbah pengganggu kelestarian alam. Asal kalian tau juga kalian bisa membuat kerajinan tangan dari botol bekas.

Mulai dari botol kaleng, botol plastik, dan tipe-tipe botol yang lain. Botol-botol tersebut sangatlah banyak dan menumpuk, bukan hanya kota besar saja akan tetapi hampir di semua tempat hingga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Masyarakat yang masih kurang begitu mengerti tentang bahaya pencemaran lingkungan adalah satu faktor utama dari kurangnya pengolahan botol bekas ini.

  • Manfaat Mengolah Limbah Botol Menjadi Kerajinan

Ada sangat banyak sekali manfaat yang kita dapat dari limbah yang satu ini. Salah satunya adalah kita ikut serta dalam pengurangan polutan pencemaran lingkungan, selain itu juga dengan pengolahan limbah botol ini kita juga bisa menyalurkan ide kreatif kita.

Selain itu botol sendiri yang sudah menjadi produk kerajinan tangan entah itu botol kaleng, plastik, maupun kaca sangatlah bernilai jual yang tinggi. Karena masih jarangnya pengolahan limbah sebagai barang yang dianggap seni.

Selain itu juga kita juga bisa menjadikan hasil dari kerajinan ini sebagai mata pencaharian tambahan, dan menjadikan ini sebagai sarana untuk menambah produktivitas bagi anak-anak muda.

Salah Satu Contoh kerajinan dari Botol Bekas

Banyak sekali kerajinan dari botol bekas yang bisa kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Sumberdaya botol bekas pun senantiasa selalu ada dan bahkan sangat banyak.

Coba bayangkan Banyak jenis dari botol bekas yang dihasilkan dari pemakaian dalam sehari-hari. Dari jenis botol plastik, kaca, kaleng, dan masih banyak juga yang lain.

Barang simpel yang sering kita lupakan tersebut ternyata sangat bernilai guna tinggi dan bahkan bernilai komersial yang tinggi juga.

Dibawah ini adalah beberapa contoh kerajinan tangan dari botol bekas yang unik kreatif dan mudah dibuat tentunya.

  • Kerajinan-kerajinan Unik dan Keren dari Limbah Botol

Untuk menyulap limbah botol bekas yang beradaa dimana-mana hanya berbekal dengan keuletan dan kreatifitas tanpa batas serta ide kreatrif.

Tak menutup kemungkinan bahwa barang sesimpel seperti itu bisa beralih fungsi sebagai pembantu fasilitas kehidupan sehari-hari.

Dengan menggunakan bahan limbah seperti ini kita secara tidak langsung ikut berperan aktif salam pengkampanyean penyelamatan lingkungan dari sampah.

1. Hiasan Pinguin dari Botol Plastik

Coba bayangkan ada hiasan unik dari botol plastik seperti ini berada di rumahmu pasti banyak orang yang tidak tahu bahwa hiasan lucu ini terbuat dari botol bekas.

Jadi jika kamu menemukan botol bekas jangan cepat mengambil keputusan untuk membuangnya, karena bisa dibuat sebagai kerajinan tangan dari botol bekas.

Pikirkan saja karya kreatifitas dari botol bekas ini, dengan mudah, cepat, dan yang terpenting tak kalah unik bisa menjadi barang yang berniali jual tinggi hanya berbekal alat sederhana.

Coba banyangkan ada hiasan seperti ini berada di rumahmu pasti banyak orang yang tidak tahu bahwa hiasan lucu ini terbuat dari botol bekas. Jadi jika kamu menemukan botol bekas jangan cepat mengambil keputusan untuk membuangnya.

Pikirkan saja karya kreatifitas dari botol bekas ini, dengan mudah, cepat, dan yang terpenting tak kalah unik bisa menjadi barang yang berniali jual tinggi hanya berbekal alat sederhana.

Hasil kerajinan yang kamu buat selain bisa dipakai sendiri juga bisa untuk kado atau hadiah untuk teman atau sanak saudara yang ingin mendapat hiasan lucu seperti ini.

Yah, diantara banyaknya kerajinan yang terbuat dari botol minuman ini salah satunya adalah hiasan tersebut masih banyak yang bisa dibuat pantengin terus ya guys!.

2. Kerajinan Pot Tanaman dari Botol Plastik

Waaah keren bangetkan!. Kebayang nggak kalo botol yang biasa dibuang ternyata bisa menjadi pot bunga yang keren seperti ini. Hanya bermodal gunting atau pisau, cat, dan selang kecil untuk menggantungkan botol dan juga berguna untuk media penyiraman tanaman.

Kerajinan tangan dari botol bekas Ini adalah karya yang sangat mengesankan untuk sarana menambah keindahan pekarangan atau halaman rumah dengan keindahan tanaman-tanaman yang kehijau-hijauan ini.

Walaupun simpel tetapi tampak sangat elegan dan sangat keren tentunya. Sebelum kita melanjutkan pembahasan ini, saya menyarankan kepada kalian untuk membaca juga 7 Usaha rumahan yang lagi trend .

3. Kerajinan Pot dari Botol Kaca

Masih belum beranjak dari kerajinan pot dari botol bekas. Dari gambar diatas kamu bisa lihat botol selai atau botol kaca yang biasanya di buang setelah pemakain bisa disulap menjadi sarana pelengkap dapur untuk menanam bumbu masakan.

Selain mudah dan tidak banyak biaya kamu juga bisa menghemat biaya perjalanan kamu untuk membeli bahan-bahan makanan yang jika tempatnya jauh membutuhkan biaya.

Dan dengan karya inovatif seperti ini kamu tidak perlu pergi jauh untuk mencari bahan makan.

Cukup di dalam dapur sudah tersedia, dan juga dengan pemanfaatan botol bekas seperti ini kamu bisa mengurangi resiko penyakit demam berdarah yang notabene berasal dari nyamuk aedes aegypti yang bertelur di genangan air yang berada dibotol bekas.

4. Wadah Pensil unik dari Botol

Wadah pensil yang kekinian imut dan lucu di taruh dalam ruangan belajar untuk memberi efek refreshing ketika kamu lagi jenuh saat belajar.

Wadah yang lucu simpel cara pembuatanya, sebagaian orang mungkin menganggap bahwa kerajinan ini sulit dibuat dan menggunakan bahan yang sulit ditemukan dan bahkan aneh-aneh.

padahal tidak sama sekali kerajinan ini terbuat dari botol bekas dengan sentuhan sedikit kreativitas bisa menjadikan botol yang ingin dibuang menjadi sayang untuk di buang.

5. Kerajinan Office organizer dari Botol Plastik

Selain untuk menjadi wadah pensil botol juga bisa di pakai untuk office organizer atau tempat untuk menaruh peralatan kecil seperti diatas. Karena kebanyakan orang ribet dan bingung menaruh barangnya dan alhasil banyak yang hilang.

Jadi kerajinan tangan dari botol bekas adalah salah satu solusi untuk membuat produk yang berguna untuk kita sendiri bahkan juga orang lain.

Dengan sedikit bantuan bungkus kado, kertas kardus kecil, gunting, dan lem tentunya. Kamu bisa memaksimalkan botol bekas ini untuk menjadi barang yang bernilai guna dan bernilai komersial yang tinggi.

Nggak kebayang kan guys ! Barang simpel tapi sejuta manfaat.

6. Kerajinan Dompet Unik dari Botol Bekas

Siapa yang tau hanya dengan beberapa botol bekas, resleting dan sedikit sentuhan dengan benang dan jarum untuk menjahit bisa menjadi dompet mungil yang bisa dibawa kemana-mana terlebih lagi jika dihias atau di lukis menggunakan cat. Gak kebayang kan kerenya dompet dari botol bekas ini.

7. Kerajinan Jam dari Tutup Botol bekas

Jika kamu mempunyai dua barang bekas yang mau di buang, coba deh pertimbangkan lagi. Seperti gambar di atas itu adalah penggabungan limbah tutup botol dan mesin jam yang sudah rusak tapi masih layak dipakai. Bisa sedemikian rupa menjadi hiasan yang manis di dinding rumah.

8. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Gelas

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan :

  • Botol bekas
  • Pisau untuk memotong botol
  • CD kepingan
  • Lem/solasi

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Gelas

  1. Kumpulkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan
  2. Potong botol bekas sesuai pada gambar (memotongnya berombak).
  3. Gabungkan CD kepingan dengan botol bagian tutupnya dengan lem atau solasi.
  4. Gelas dari botol bekas siap untuk digunakan.

9. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pohon

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Benang
  • Paku
  • Cat
  • Papan
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pohon

  1. Kumpulkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Potong terlebih dahulu papan berbentuk batang pohon.
  3. Gabungkan papan yang sudah dipotong dengan lem.
  4. Potong lagi papan yang difungsikan sebagai ranting pohon.
  5. Gabungkan papan berbentuk batang pohon dengan papan berbentuk ranting pohon.
  6. Langkah selanjutnya membuat daun-daunnya dengan memotong botol bekas bagian ujung bawahnya.
  7. Berikan warna bagian bawah botol bekas sesuai pada gambar.
  8. Lubangi bagian bawah botol bekas tersebut dengan paku.
  9. Masukkan tali ke dalam lubang tersebut. Hal ini untuk menempelkan ke papan yang berbentuk seperti ranting pohon.
  10. Tempelkan/ikat botol dengan ranting pohon.
  11. Susunlah hingga membentuk pohon yang sempurna.

10. Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

  • Botol bekas
  • Pisau
  • Cat
  • Mata boneka
  • Lem

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Celengan Babi

  1. Kumpulkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan.
  2. Potong botol bekas menjadi dua, lalu gabungkan kembali.
  3. Lubangi botol bekas tersebut untuk tempat memasukkan uang.
  4. Cat botol bekas tersebut.
  5. Tambahkan hiasan, seperti mata boneka, telinga, dan kaki dari botol.
  6. Celengan berbentuk babi dari botol bekas siap untuk digunakan menyimpan uang kamu.

11. Lampu hias gantung dari botol bekas

Dengan botol kaca bekas, kamu bisa membuat lampu hias seperti ini. Botol dipotong dan bagian atasnya digunakan untuk lampu hias gantung dengan menambahkan gantungan kawat dan pitingan lampu atau alas lilin jika lampu hiasnya akan diisi dengan lilin bukan dengan lampu listrik.

Pilih botol dengan warna bermacam-macam seperti merah, biru, hijau dan sebagainya. Dengan warna botol seperti ini akan menambah kesan warna-warni.

Susun lampu hias dengan cara seperti pada gambar atau dengan cara kamu sendiri. Mau digantung secara berjejer atau berkelompok juga bisa.

Bahan dan Peralatan Yang Diperlukkan:

  • Siapkan botol bekas
  • Siapkan sendok plastik
  • Siapkan gunting atau silet
  • Siapkan lem perekat

Cara Membuat Lampu Hias Gantung :

  1. Memotong botol bekas menjadi 2 bagian
  2. Sendok plastik yang telah disiapkan juga dipotong
  3. Kemudian setelah sendok dipotong, tempelkan sendok tersebut ke botol bekas memakai lem hingga seluruh botol tertutup dengan botol plastik
  4. Lampu hias yang telah dibuat bisa kamu gunakkan untuk lampu hias dirumah.

12. Tempat makan burung dari botol bekas

Ini adalah salah satu cara kamu memberi makan burung di alam liar. Makanan yang ada akan tetap aman dari cuaca di luar, baik hujan maupun panas.

Dengan menyediakan botol tempat makan burung beserta isinya, burung-burung nantinya akan menghampiri makanan itu.

Sebaiknya tempat makanan burung dari botol ini ditempatkan di pepohonan sehingga burung tidak akan sungkan berkunjung untuk sekedar makan.

Kerajinan dari botol plastik ini tergolong sangat mudah untuk dibuat. Tidak perlu keahlian khusus untuk membuatnya. Kamu pasti bisa. Hanya butuh satu botol dan alat untuk melubangi sisi botol, bisa dengan sesuatu yang runcing atau yang lainnya.

Yang paling penting adalah lubang yang akan dijadikan tempat keluarnya makanan harus lebih besar sehingga makanan bisa keluar.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang kerajinan tangan dari botol bekas, semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.