Data Statistik Sampah Di Indonesia

Data Statistik Sampah Di Indonesia

Data Statistik Sampah Di Indonesia

Data Statistik Sampah Di Indonesia

Data Statistik sampah di indonesia adalah sesuatu data yang dibuang yang dihasilkan dari proses produksi baik itu industri maupun rumah tangga. Dengan kata yang lain,sampah adalah suatu material yang sisa.

Material sisa ini bisa berupa suatu dari hewan, manusia,maupun tumbuhan yang sudah tidak terpakai kembali. Serta dan biasanya juga dilepaskan ke alam dalam bentuk padat, cair, serta bahkan gas.

Oleh karena itu pula, sampah juga memiliki suatu beberapa jenis yang wajib diketahui agar bisa tidak membuat lingkungan tercemar. Serta data statistik sampah di indonesia juga sangat tinggi sekali.

Jenis-Jenis Dari Sampah

Berdasarkan dari sumbernya, sampah memiliki beberapa macam jenis. Seperti sampah adalah sampah alam, sampah konsumsi, sampah manusia, sampah nuklir, sampah pertambangan, serta sampah industri.

Namun berdasarkan dari sifatnya, sampah ini bisa dibedakan menjadi sampah organik dan anorganik. Serta Dalam Data statistik sampah di indonesia meningkat drastis.

Sampah organic ini adalah sampah yang bisa diurai oleh makhluk hidup. Yang termasuk jenis sebuah sampah ini adalah sisa makanan, sayuran, daun-daun kering,serta lain sebagainya yang berasal dari sisa makhluk hidup.

Sedangkan sampah anorganik merupakan sebuah sampah yang tidak bisa diurai makhluk hidup. Serta bisa berupa plastik pembungkus, kaleng, botol, gelas,serta lain sebagainya. Itu data statistik sampah di indonesia.

Dampak Dari Sampah

data statistik sampah di indonesia

Berdasarkan pengertian sampah tersebut, sampah ini pasti akan berdampak pada kesehatan manusia atau makhluk hidup lain. Biasanya lokasi sampah ini yang tidak atau kurang memadai.

Dengan suatu kata lain, setiap jenis sampah ini yang tidak diolah dengan baik bisa menyebabkan beberapa penyakit. Seperti penyakit tifus yang menyebar dengan cepat karena virus yang ada pada sampah.

Bagi lingkungan sekitar, sampah ini juga bisa membuat dampak buruk untuk kehidupan. Karena rembesan sampah ini yang masuk ke drenaise bisa mencemari air sehingga beberapa makhluk hidup.

Manfaat Adanya Sebuah Sampah

Walaupun begitu sampah ini juga bisa didaur ulang lagi untuk kepentingan manusia jika diproses dengan baik. Dengan demikian juga, pengertian dari sampah bisa memberikan dampak yang bagus.

Anda bisa mengolah suatu sampah organik menjadi pupuk kompos. Sedangkan sampah anorganik ini bisa diolah kembali dengan kreatifitas yang anda miliki untuk dipergunakan kembali.

Dampak Terhadap Suatu Kesehatan

Lokasi dan pengelolaan sampah ini yang kurang memadai  merupakan tempat yang cocok bagi beberapa jenis organisme. Serta dan menarik bagi berbagai binatang seperti, lalat yang dapat menjangkitkan suatu penyakit.
Potensi bahaya bagi kesehatan yang dapat ditimbulkan adalah sebagai berikut :
  • Penyakit seperti diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang ini berasal dari sampah. Dengan pengelolaan yang tidak tepat dapat bercampur air minum.
  • Penyakit jamur dapat juga menyebar ke tubuh(misalnya seperti jamur kulit).
  • Penyakit yang dapat menyebar melalui suatu rantai makanan. Salah satu contohnya adalah  seperti suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita(taenia).

Data Statistik Sampah

Total jumlah sampah di beberapa provinsi di negara Indonesia cenderung terus meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai contoh, seperti Tahun 2000 jumlah sampah di kota Jawa Barat adalah mencapai sekitar 10,00 juta ton.

Dan meningkat sampai sekitar 11,13  juta ton di tahun 2007. Tabel 2.1 memperlihatkan jumlah sebuah sampah di beberapa provinsi yang meningkat dari tahun 2000 sampai tahun 2006.

Provinsi di Indonesia ini dengan penghasil sampah terbanyak adalah Jawa Barat. Serta diikuti oleh kota Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan DKI Jakarta.

Empat dari lima provinsi tersebut diatas berada di Pulau Jawa. Ini menjadikan Pulau Jawa sebagai suatu pulau penghasil sampah terbesar di Indonesia. Serta data statistik sampah di indonesia meningkat.

Limbah yang dihasilkan didominasi oleh suatu sampah rumah tangga dan diantaranya adalah sampah makanan. Suatu Sampah rumah tangga ini memilliki presentase 44,5 % dari total sampah di Indonesia.

Sampah yang dihasilkan mencapai sekitar 1,12 kg/kapita setiap harinya. Limbah makanan ini akan mendominasi sekitar 58% total sampah rumah tangga tersebut.

Dampak Sebuah Sampah Pada Masyarakat

Pada umumnya sampah ini memberikan  suatu dampak buruk bagi masyarakat sekitar. Menurut dari Gelbert dkk (1996), ada tiga dampak sampah terhadap pada manusia dan lingkungannya:

1. Dampak Sampah Terhadap Suatu Kesehatan Manusia

Penanganan suatu sampah yang tidak baik akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan masyarakat di sekitarnya. Sampah tersebut akan berpotensi menimbulkan suatu bahaya bagi kesehatan.

2. Dampak Suatu Sampah Terhadap Lingkungan Sekitar

Selain berdampak buruk terhadap kesehatan manusia itu, penanganan suatu sampah yang tidak baik juga mengakibatkan dampak buruk bagi lingkungan. Serta jumlah sampah di indonesia terbesar.

Seringkali sebuah sampah ini yang menumpuk di saluran air mengakibatkan aliran air menjadi tidak lancar dan berpotensi mengakibatkan banjir. Selain itu juga, sampah cair ini.

3. Dampak Sampah Terhadap Lingkungan Sosial Serta Ekonomi

Penanganan sebuah sampah yang tidak baik juga berdampak pada keadaan sosial dan ekonomi. Beberapa diantaranya yaitu adalah:

  • Meningkatnya suatu biaya kesehatan karena timbulnya penyakit
  • Kondisi lingkungan ini tidak bersih akibat penanganan sampah yang tidak baik. Hal ini pada akhirnya akan berdampak pada suatu kehidupan sosial masyarakat secara keseluruhan.

Cara Pengelolaan Suatu Sampah Plastik

Mengacu pada suatu pengertian sampah dan jenis-jenisnya, diperlukan suatu penanganan dan pengelolaan sampah dengan cara yang baik. Merujuk pada suatu informasi dari Departemen Pekerjaan Umum.

Berikut penjelasan sebuah pengelolaan sampah 3R tersebut:

1. Reuse (Menggunakan Sesuatu Kembali)

Ini adalah suatu metode penanganan sebuah sampah dengan cara menggunakan kembali sampah tersebut secara lebih langsung, baik untuk suatu fungsi yang sama atau fungsi lain. Maka dari itu perlu tindakan.

2. Reduce (Dalam Mengurangi)

Ini adalah suatu metode pengelolaan sampah dengan cara mengurangi segalah sesuatu hal yang dapat menyebabkan timbulnya sampah. Sampah ini jika sudah menumpuk akan mengakibatkan sebuah pencemaran.

3. Recycle (Daur Ulang Kembali)

Ini merupakan metode suatu pengelolaan sampah dengan cara mendaur ulang sampah menjadi sesuatu yang baru dan dapat digunakan. Serta Jumlah sampah diindonesia terbesar di dunia .

Adapun suatu material sisa ini yang dimaksud adalah sesuatu yang berasal dari manusia, hewan, ataupun dari tumbuhan yang sudah tidak bisa terpakai. Wujud dari suatu sampah tersebut bisa dalam bentuk cair.

Dampak Sampah Bagi Kesehatan

Lokasi dan pengelolaan sampah yang kurang memadai (pembuangan sampah yang tidak terkontrol) merupakan tempat yang cocok bagi beberapa organisme dan menarik bagi berbagai binatang.
Potensi bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan sampah adalah sebagai berikut:
  • Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah dengan pengelolaan tidak tepat dapat bercampur air minum. Demam berdarah (haemorhagic fever) dapat juga meningkat dengan cepat di daerah yang pengelolaan sampahnya kurang memadai.
  • Sebuah Penyakit jamur dapat juga menyebar (misalnya jamur kulit).
  • Suatu Penyakit yang dapat menyebar melalui rantai makanan. Salah satu contohnya adalah suatu penyakit yang dijangkitkan oleh cacing pita (taenia). Cacing ini sebelumnya masuk ke dalam pencernakan binatang ternak melalui makanannya yang berupa sisa makanan/sampah.
  • Sampah beracun: Telah dilaporkan bahwa di Jepang kira-kira 40.000 orang meninggal akibat mengkonsumsi ikan yang telah terkontaminasi oleh raksa (Hg). Raksa ini berasal dari sampah yang dibuang ke laut oleh pabrik yang memproduksi baterai dan akumulator.

Itulah ulasan mengenai sebuah data statistik sampah di indonesia. Semoga bisa bermanfaaat dan berguna bagi anda semuanya. Serta menjadi pembelajaran bagi anda. Sekian dan Terima Kasih.