Berikut Ini Cara Membedakan Madu Asli dengan Mudah

cara membedakan madu asli

Pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan cara membedakan madu asli dengan mudah. Namun, sebelum kita masuk ke topik pembahasan, tahukah kamu apa itu madu ?. Berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Madu ?

apa itu madu ?

Seperti yang kita ketahui madu merupakan cairan yang menyerupai sirup namun, lebih kental dan manis. Madu sendiri berasal dari nektar bunga yang kemudian diolah oleh serangga atau lebih tepatnya lebah.

Terdapat unsur monosakarida fruktosa dan glukosa dalam madu yang menyebabkan rasa manis pada madu, dan rasa manis ini hampir sama dengan rasa manis yang terdapat didalam gula.

Selain itu, madu juga memilik ciri-ciri yang menarik dan dioleskan jika digunakan untuk pemanggangan. Rasa yang berbeda dari gula dan pemanis lainnya pada madu menjadi salah satu mengapa madu ini sehat untuk digunakan.

Mikroorganisme dalam madu kebanyakan tidak bisa berkembang, dikarenakan rendahnya aktivitas air yang hanya 0.6 saja.

Cara Membedakan Madu Asli

cara membedakan madu asli

Nah, setelah kita mengetahui apa itu madu, kali ini kita akan mencoba untuk mengecek apakah madu tersebut asli atau palsu. Saat ini, banyak yang sudah tahu dengan khasiat madu asli untuk tubuh.

Namun, masih banyak terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab melalukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan.

Tentu saja, kita sebagai konsumen sangat dirugikan dengan madu palsu yang beredar. Pasalnya madu palsu sudah pasti tidak memiliki khasiat untuk tubuh, yang ada malah membahayakan.

Namun, sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi, berikut ini ada cara untuk membedakan madu asli atau palsu. Simak penjelasannya berikut ini.

  • Dengan Menggunakan Sendok

Sebelum membeli, biasanya penjual akan mempersilahkan kita untuk mencobanya terlebih dahulu. Saat tester yang diberikan oleh penjual, maka cobalah untuk memasukkan sendok atau pengaduk kedalam madu.

Kemudian angkat pengaduknya kira-kira 5-10 cm dari tempat madu tersebut. Jika madu tersebut berkualitas, maka cairan madu tidak akan mudah putus.

Madu asli memang sulit untuk diputus alirannya karena teksturnya yang kental, madu palsu jika diangkat dengan sendok mudah putus cairannya.

  • Mengecek Label Madu

Sebelum kamu membeli madu yang dijual, pastikan untuk mengecek label kemasan dengan hati-hati. Apabila kamu menemukan bahan tambahan selain madu, bisa dipastikan bahwa madu ini bukanlah madu asli.

Namun, terdapat juga madu yang dijual tanpa menggunakan label kemasan sehingga kita perlu mengujinya dengan cara yang lain.

  • Dengan Meneteskan Madu Pada Kertas

Cara ini cukup mudah untuk dilakukan, karena kertas yang sudah dilapisi dengan madu asli dengan kualitas baik tidak akan mudah robek dan tembus ke sisi sebaliknya.

Tetapi, jika kertas yang diolesi madu mudah robek dan tembus, bisa saja sudah dicampur dengan air.

  • Menguji Madu Dengan Roti

Cobalah untuk mengoleskan madu murni ke roti yang biasa dimakan saat sarapan ataupun sebagai camilan. Jika roti cenderung menjadi lebih keras, maka madu yang digunakan merupakan madu asli.

Sebaliknya, jika tekstur roti menjadil lebih lembek atau basah, maka madu yang digunakan sudah tidak murni lagi.

  • Menguji Madu Dengan Kain

Cara ini bisa kamu lakukan dengan menuangkan beberapa tetes madu pada kain. Ciri madu yang masih murni cenderung akan lebih mudah diserap oleh kain.

Bahkan, setelah dicuci kain yang ditetesi dengan madu murni tidak akan meninggalkan bekas noda sama sekali.

  • Madu Asli Tidak Terkaramelisasi

Jika kamu sudah terlanjur membeli madu, maka cobalah untuk memanaskan madu yang kamu miliki tanpa ditambahkan bahan apapun.

Apabila madu tersebut menggumpal atau terkaramelisasi, maka madu tersebut sudah dicampur dengan gula.

Sebaliknya, madu yang asli akan tetap berbentuk cairan dan hanya menunjukkan buih meski telah dipanaskan. Perubahan dari rasa pun tidak terlalu signifikan.

  • Jangan Menyimpan Madu Didalam Kulkas

Madu yang asli tidak akan mudah membeku dilemari es, berbeda dengan madu campuran. Tetapi, untuk menjaga kemurnian madu, sebisa mungkin untuk menyimpannya pada suhu ruangan.

Jika ditaruh didalam suhu kulkas yang rendah akan membuat tempat yang digunakan untuk menyimpan madu berembun.

Jika embun yang berupa tetesan air ini tercampur dengan madu, maka, akhirnya akan sama dengan madu yang telah dicampur dengan air.

  • Mengecek Aroma Madu

Karakteristik madu murni cenderung memiliki aroma yang ringan dan halus, tetapi sangat menggoda indra pernafasan kita.

Madu yang sudah tidak murni lagi, aromanya cenderung asam dan memiliki zat berbusa putih didalamnya.

Manfaat dari Madu Asli

manfaat madu asli

  • Mampu Membantu Meningkatkan Antibodi

Kandungan antioksidan dalam madu asli sangat baik untuk membantu melawan radikal bebas dan mencegah banyak penyakit yang menyerang sistem kekebalan dalam tubuh.

Selain itu, madu juga kaya akan kandungan antioksidan dan polifenol yang dapat mencegah banyak penyakit yang berhubungan dengan jantung dan kanker.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Fungsi lain dari madu asli yaitu sebagai bahan bakar untuk hati dan membuat hati memproduksi glukosa.

Dengan mengonsumsi madu asli sebelum tidur, membuat tubuh membakar lebih banyak lemak pada malam hari.

Kandungan kalori pada madu asli hanya 64 kalori per cangkir, yang akan memberikan rasa kenyang pada malam hari.

  • Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Meminum madu asli dengan air hangat sebelum tidur dapat membantu membersihkan racun yang ada didalam sistem pencernaan tubuh.

Kandungan anti mikroba yang ada didalam madu asli dapat membantu membunuh patogen berbahaya yang ditemukan didalam usus.

  • Mampu Membantu Meredakan Stress

Mengonsumsi madu asli dapat menurunkan kadar manoldialdehyde yang merupakan parameter oxidative stres dan dapat meningkatkan aktivitas superoxide dismutase yang merupakan antioksidan edogen dalam tubuh manusia.

  • SEBAGAI SCRUB ALAMI

Apakah kamu suka melakukan scrub wajah ?, maka kamu wajib untuk mencoba campuran madu, sedikit minyak kelapa dan gula pasir sebagai scrub alami untuk wajah kamu.

Dengan ramuan ini, juga ampuh mengangkat sel kulit mati sekaligus membantu menjaga kulit wajah kamu tetap lebut dan halus.

  • MEMBANTU MENGATASI BEKAS LUKA

Masker madu, selain untuk bekas jerawat juga bisa membantu menyamarkan bekas luka di bagian kulit lainnya.

Bahkan bekas luka bakar pun bisa diatasi dengan madu yang berfungsi sebagai pendingin yang meredakan sensasi perih di sekitar luka.

  • NUTRISI ALAMI UNTUK MENCEGAH PENUAAN DINI

Kegunaan madu, sama seperti sebagai suplemen makanan, juga bisa menutrisi kulit secara alami. Madu juga mengandung vitamin C dan kadar air ang cukup untuk menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi.

  • Membantu Mengurangi Diabetes

Mengonsumsi satu sendok teh madu asli sebelum tidur dapat mengurangi resiko terkena diabetes. Apabila seorang penderita diabetes meminum madu setiap malam, akan dapat membantu mengurangi kadar glukosa darah.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan mengenai cara membedakan madu asli atau palsu dengan mudah. Artikel yang tak kalah menarik adalah cara membuat madu asli tanpa tambahan bahan lain.

Akan sangat berguna untuk kita yang ingin mengetahui cara pembuatan madu asli dan ingin membuatnya sendiri dirumah. Supaya kualitas terjaga dan aman untuk dikonsumsi. Sekian dan terimakasih semoga bermanfaat.