Hati-Hati!! Inilah Bahaya Sampah Plastik Bagi Lingkungan

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Selamat Datang di situs ini!!! kali ini saya akan membagikan ulasan tentang bahaya sampah plastik bagi lingkungan. baca dan pahami baik-baik ya. Insya Allah, di artikel kali ini kamu akan banyak mendapat inovasi,  kreasi serta motivasi untuk teman-teman tentunya terkait dengan dunia mesin khususnya.

Plastik merupakan salah satu  sebuah bahan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk berbagai hal seperti membawa barang-barang. Yang tidak cukup dibawa hanya dengan sebuah kedua tangan dalam menghindari bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

Bahkan karena sering sekali digunakan, plastik seolah-olah yang telah menjadi sebuah kebutuhan yang harus tersedia di masyarakat. Padahal sebenarnya plastik memiliki sebuah dampak yang buruk bagi lingkungan kita apabila sudah tidak digunakan lagi.

Alasan lainnya mengapa limbah sampah plastik berdampak buruk bagi lingkungan sekitar. Karena sifat plastik yang memang susah untuk diuraikan oleh tanah meskipun sudah tertimbun bertahun-tahun. Plastik bisa diuraikan tanah setidaknya setelah tertimbun hingga 200 tahun.

Bahkan ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa suatu sampah plastik bisa terurai dalam waktu 1000 tahun lamanya.Tetapi banyak sekali masyarakat yang tidak menyadari bahaya yang ditimbulkan. Akibat pemakaian sebuah plastik terhadap pencemaran lingkungan.

Dampak Sampah Plastik Bagi Lingkungan

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Tercemarnya sebuah tanah, air tanah dan makhluk bawah tanah. Racun-racun dari suatu partikel limbah plastik yang masuk ke dalam tanah akan membunuh hewan-hewan pengurai di dalam tanah seperti cacing. itulah dampak bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

PCB yang tidak dapat terurai meskipun termakan oleh sebuah binatang maupun tanaman. Maka bisa mengakibatkan sebuah penyakit dan dampak yang merugikan bagi lingkungan sekitar. Maka dari itu bahaya sampah plastik bagi lingkungan.

Kantong plastik akan mengganggu suatu jalur air yang teresap ke dalam tanah. Menurunkan kesuburan tanah karena sebuah limbah plastik juga menghalangi sirkulasi udara di dalam tanah dan ruang gerak makhluk bawah tanah yang mampu meyuburkan sebuah tanah.

Kantong  sampah plastik yang sukar diurai ini, mempunyai umur yang panjang, dan ringan akan mudah diterbangkan angin hingga ke laut sekalipun. Hewan-hewan yang dapat terjerat dalam sebuah tumpukan plastik. Itu suatu penyebab bahaya sampah plastik.

Hewan-hewan di laut seperti ikan lumba-lumba, penyu laut, dan anjing laut menganggap kantong-kantong plastik tersebut adalah makanan dan akhirnya mati karena tidak dapat mencerna sebuah sampah plastik tersebut. Itu dampak bahaya sampah plastik.

Ketika hewan itu mati kantong plastik yang berada di dalam tubuhnya itu tetap tidak akan hancur menjadi bangkai dan dapat meracuni hewan lainnya.Pembuangan sebuah sampah plastik sembarangan di sungai-sungai akan mengakibatkan pendangkalan suatu sungai .

Membakar Limbah Plastik Pada Insinerator

Pembakaran limbah plastik di udara dapat membahayakan karena beberapa diantaranya dapat melepas zat beracun, seperti gas HCL, CO, dan HCN. Untuk itu, pembakaran dapat dilakukan di tempat yang tertutup atau disebut insinerator, tanpa udara pada suhu 700oC.

Metode pembakaran ini disebut dengan pirolisis. Pada pirolisis limbah plastik akan terurai kembali menjadi produk awalnya, yakni sebuah senyawa karbon seperti alkana, alkena dan benzena. Senyawa karbon ini dapat digunakan kembali di dalam industri.

Sementara suatu energi yang dilepas dalam pembakaran dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan pembangkit listrik. Namun cara ini memiliki kelemahan yakni biaya yang sangat mahal dan pembuatan yang sangat lama.

Menggunakan Plastik Yang Bisa Terdegradasi

bahaya sampah plastik bagi lingkungan

Para ahli kimia juga berupaya untuk membuat plastik yang dapat terurai secara alami baik oleh mikroorganisme (terbiodegradasi) maupun juga oleh sinar UV (terfotodegradasi). Caranya adalah dengan memasukkan semua ikatan tertentu dalam polimer yang mudah saat diputus.

Salah satu contoh adalah dengan penambahan tepung jagung ke dalam plastik ECO-FOAM. Dalam pembuatannya itu, tepung jagung dimasukkan ke dalam sebuah mesin dan dicampur dengan air. Campuran tersebut kemudian dimasukkan ke dalam sebuah cetakan ekstruksi.

Polimer ini berbentuk seperti gabus-gabus kecil dan digunakan untuk pengiriman suatu barang. ECO-FOAM larut dalam sebuah air sehingga limbahnya dapat terurai dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bahaya Plastik Bagi Kesehatan Tubuh

Dari Pusat Penelitian Kimia (LIPI) yaitu seorang Dr. Agus Haryono mengatakan bahwa setiap hari orang kerergantungan terhadap sebuah limbah plastik semakin tinggi, namun bahaya yang akan timbulkannya kurang di sadari oleh semua kalangan masyarakat.

Penggunaan bahan sampah limbah plastik dalam kehidupan kita tidak perlu di khawatirkan jika kita tau dalam penggunannya. Plastik yang aman untuk di pakai pada sebuah suhu tertentu dan minyak adalah plastik yang memenuhi suatu Standar Nasional Indonesia (SNI).

Namun, tidak semua sebuah produk kemasan plastik memenuhi standar SNI. Maka dari itu kita harus lebih teliti untuk memasukan makanan atau minuman panas kedalam sebuah kemasan plastik.

Adapun bahaya yang di timbulkan oleh plastik bagi kesehatan tubuh adalah sebagai berikut:

1) Menyebabkan Penyakit Kanker

Mungkin sebagian besar kalangan masyarakat menganggap bahwa plastik merupakan sebuah barang biasa yang memberi banyak keuntungan, namun bahayanya jika sampai terurai kedalam tubuh bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, bahkan bisa menyebabkan penyakit kanker.

Dikarenakan plastik mengalami sebuah penguraian sebagai dioksin. Maka dari itu kita harus lebih berhati hati lagi dalam penggunaan limbah plastik ini agar tidak terkena sebuah dampak dari plastik tersebut.

2) Menganggu Sistem Suatu Saraf

Dioksin yang terhirup pada manusia, bukan cuma sekedar kanker yang akan di timbulkan. Sistem saraf pun akan terangsang sehingga menimbulkan suatu kerusakan. Kerusakan sistem saraf ini juga akan berimbas pada kinerja organ dalam yang lainnya. 

3) Depresi Pada Diri

Depresi berawal dari stres yang sudah sangat parah. Biasanya disebabkan karna masalah internal maupun eksternal yang kemudian depresi berujung pada sebuah gangguan jiwa dan mental yang menganggu kinerja tubuh dan syaraf pusat.

Namun sebuah potensi depresi ini juga dapat disebabkan oleh paparan suatu senyawa dari plastik saat dalam proses pembakaran sebuah limbah plastik yang tidak sempurna dan mengakibatkan sebuah akibat yang sangat fatal.

Dampak Bahaya Sampah

Dampak negative dari pencemaran limbah sampah plastik antara lain :

  • Pembuangan limbah sampah plastik yang sembarangan akan mengakibatkan pendangkalan sungai dan aliran sungai tersumbat yang menyebabkan bencana banjir.
  • Tercemarnya aliran air tanah dan tanah.
  • Kantong plastik akan mengganggu penyerapan air menuju ke dalam tanah.
  • Menurunkan tingkat kesuburan tanah.
  • Racun-racun dari serta partikel plastik yang masuk kedalam tanah akan membunuh hewan pengurai didalam tanah seperti hewan cacing.
  • Hewan-hewan dapat terjerat dalam limbah sampah plastik.
  • Bifenil Poliklorin (PCB) tidak akan terurai meskipun termakan oleh binatang maupun tanaman akan menjadi racun berantai sesuai urutan makanan.

Itulah ulasan dari Bahaya Sampah plastik Bagi Lingkungan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam memahami sebuah pentingnya dalam menjaga lingkungan kita agar tidak tercemar dan menjaga kelestarian ekosistem dan bisa memanfaatkan limbah plastik. Sekian dan Terima Kasih.