Resep Mudah Untuk Cara Membuat Keripik Daun Jambu Biji

Resep Mudah Untuk Cara Membuat Keripik Daun Jambu Biji

Keripik Daun Jambu Biji

Resep Mudah Untuk Cara Membuat Keripik Daun Jambu Biji. Keripik atau kripik daun jambu biji  adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari daun jambu biji.

Bukan hanya keripik dari daun jambu biji saja, ada juga keripik yang berasal dari daun singkong, untuk lebih lanjut silahkan kunjungi artikel Cara Membuat Keripik Daun Singkong.

kemudian daun jambu biji digoreng di dalam minyak nabati. Untuk bisa menghasilkan keripik daun biji yang memiliki  rasa yang gurih dan juga renyah.

Biasanya dapat dicampur dengan adonan tepung yang kemudian diberi dengan bumbu rempah tertentu.

Berikut adalah cara membuat ,Keripik daun jambu biji dan juga beberapa hal menggenai daun jambu biji lainnya.

Cara Membuat Keripik Daun Jambu Biji

Bahan-Bahan

  • Daun jambu biji muda
  • Minyak goreng
  • Tepung terigu
  • Garam
  • Lada
  • Ketumbar
  • Bawang putih
  • Penyedap rasa
  • Air secukupnya

Cara Membuat Keripik

  1.  Cuci daun jambu biji
  2. Belah menjadi dua bagian, hilangkan batang yang berada diantara kedua daun tersebut
  3. Haluskan bumbu seperti ketumbar, bawang putih, lada, garam.
  4. Buat adonan keripik dari tepung terigu yang dicampurkan dengan air, dan bumbu yang sudah dihaluskan tadi,
  5. Aduk secara rata dan campurkan sedikit penyedap rasa kedalam adonan.
  6. Setelah itu Masukkan potongan daun jambu biji  satu per satu ke dalam adonan
  7. Lalu kemudian Panaskan minyak goreng, dan goreng daun jambu biji yang sudah dicampurkan dengan adonan tersebut hingga matang.
  8. Kemudian Angkat lalu bisa tiriskan
  9. Setellah itu Kemas keripik daun jambu biji bila memang sudah tidak panas.
  10. Bila keripik ini anda di jual ke masyarakat, harganya hanya berkisar 2000 rupiah per 250 gram.

Aneka Manfaat Daun Jambu Biji

Keripik daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa memberikan berbagai jenis manfaat kesehatan. Bahkan, jambu biji’daun jambu biji juga dapat digunakan seperti obat karena dapat berguna untuk bisa menyembuhkan penyakit.

Daun Jambu yang segar memang kaya akan zat seperti vitamin C, antioksidan, flavonoid, dan juga anti-inflamasi.

Daun hijau itu juga memang dianggap sebagai salah satu penghilang rasa sakit alami.

Saat ini, suplemen yang ada jambu biji’daun jambu biji dapat juga tersedia dalam bentuk teh dan juga kapsul karena sifatnya yang memang dapat mengobati berbagi jenis penyakit.

Berikut ini merupakan manfaat dari jambu biji’daun jambu biji yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit:

Pengobatan Diabetes

Manfaat penggunaan daun jambu biji yang ini paling utama dapat juga meningkatkan dan pengendalian kadar gula yang ada dalam darah.

Daun jambu biji ini juga memiliki kecenderungan untuk bisa menurunkan kadar gula darah tanpa harus meningkatkan produksi insulin.

Mengurangi kadar kolesterol

Jambu biji juga kaya akan serat yang mungkin disebut Pektin yang dapat menghilangkan dan juga bisa mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh setelah bisa bergabung dengan asam empedu yang ada di dalam tubuh.

Penggunaan daun jambu biji ini tidak menyebabkan efek buruk pada tubuh, melainkan meredakan kadar kolesterol.

Menurunkan Berat Dadan

Daun jambu biji merupakan salah  satu penekan nafsu saat anda sedang makan. Konsumsi daun-daun ini dalam bentuk yang menang anda diinginkan.

Akan dapat berguna untuk bisa mengurangi nafsu makan yang bisa juga dapat menyebabkan penurunan berat badan.

Namun, harap terlebih dahulu perhatikan bahwa daun juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat ‘perut penuh’ dan juga memberi rasa kenyang.

Bronkitis

Minuman yang dapat disajikan dengan menggunakan jambu biji’atau juga daun jambu biji bisa juga bisa untuk dapat mengobati penyakit bronkitis secara alami.

Bronkitis juga merupakan salah satu jenis peradangan bronkus yang bisa terletak di saluran pernapasan.

Jambu biji atau juga daun jambu biji bisa untuk membantu untuk dapat memulihkannya dengan cara melonggarkan lendir.

Mengatasi Demam Berdarah Dengue

Memanfaatkan buah jambu biji’ atau daun jambu biji juga dapat meningkatkan jumlah trombosit yang ada dalam darah.

Pasalnya, orang yang sedang menderita demam berdarah akan dapat mengalami penurunan trombosit yang dapat bisa membahayakan pada tubuh dan juga bisa dapat berakibat pada kematian.

Obat Rambut Rontok

Mencuci rambut Anda secara teratur dengan cara menggunkan jambu biji’dan juga  daun jambu biji dapat juga memperlambat rambut rontok.

Vitamin C yang terdapat didalam daun jambu biji dapat memberi nutrisi pada akar rambut dan juga membuat rambut menjadi lebih kuat.

Memelihara Kesehatan Mulut

Jambu biji juga memiliki sifat anti-plak sehingga dapat digunakan dalam bentuk pasta.

Selain itu, jambu biji’dan juga daun jambu biji bisa membantu untuk mengobati masalah mulut dan juga menjaga kesehatan mulut.

Daun jambu biji juga dapat memiliki sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan juga analgesik, sehingga bisa mengurangi peradangan gusi dan juga menjaga nafas tetap menjadi segar.

Mengatasi dingin

Daun jambu biji juga mengandung nutrisi yang tinggi seperti vitamin C dan juga Besi.

Oleh karena itu, daun Jambu biji bisa membantu dalam mengurangi produksi lendir dan juga penyebaran aktivitas mikroba.  Daun jambu biji juga memiliki kandungan nilai obat yang tak terhitung.

Selain faktor-faktor di atas, daun jambu biji juga baik untuk bisa meningkatkan kesehatan jantung, dan juga melawan diare, serta dapat mengendalikan diabetes. 

Meningkatkan Produksi Sperma

Mengkonsumsi teh daun jambu biji juga telah terbukti memang  efektif dalam upaya meningkatkan produksi pada sperma, sehingga anda bisa membantu dalam proses pembuahan.

Mengobati Luka dan Infeksi

Daun jambu biji juga memiliki sifat untuk bisa menyembuhkan yang luar biasa sehingga dapat mampu mengobati luka seperti goresan, luka tusuk atau juga bisa luka abrasi dan lain-lain.

Agen antibakteri yang memang terkandung dalam jambu biji mampu untuk bisa mencegah infeksi dan juga untuk mengurangi peradangan uterus sehingga bisa mempercepat upaya penyembuhan.

Teh dari jambu biji juga bisa bergunan untuk upaya membantu mengobati infeksi pada telinga.

Mengusir Komedo

Untuk dapat perawatan komedo, campurkan daun jambu biji dengan  menggunakan sedikit air dan juga gunakan sebagai scrub yang ada pada hidung Anda untuk bisa menghilangkan komedo.

Memperlambat Penuaan

Daun jambu biji memang mengandung jenis antioksidan yang memang bertugas untuk bisa menghancurkan radikal bebas yang mampu untuk merusak kulit Anda,

Oleh karena itu, daun jambu biji juga mampu untuk bisa melindungi kulit dari berbagai proses penuaan serta mampu untuk memperbaiki warna dan juga tekstur pada kulit.

Meredakan Gatal

Kulit gatal juga dapat menyebabkan masalah yang serius jika tidak segera untuk diobati.

Daun jambu biji merupakan salah satu obat instan untuk bisa menyingkirkan gatal-gatal karena memang mengandung untuk bisa senyawa penghambat alergi.

Membantu Pengobatan Kanker Prostat

Daun jambu biji bisa dijadikan sangat bermanfaat untuk bisa membantu dalam proses penyembuhan kanker prostat dan juga dalam pembesarannya.

Sekian artikel tentang Keripik daun jambu biji , kali ini semoga artikel saya tentang keripik daun jambu biji,saya kali ini bisa memberikan manfaat bagi semua orang

 

Resep Cara Membuat Keripik Bawang Jagung Yang Enak Dan Gurih

Resep Cara Membuat Keripik Bawang Jagung Yang Enak Dan Gurih

Cara Membuat Bawang Jagung

Resep Cara Membuat Bawang Jagung Yang Enak Dan Gurih. bawang jagung merupakan makanan yang dibuat dari bahan baku jagung. ada, beberapa cara membuat keripik bawang jagung.

Jagung (Zea mays ssp. mays) merupakan salah satu  jenis tanaman pangan penghasil karbohidrat yang sangat terpenting di dunia, selain gandum dan juga padi.

Bagi penduduk bagian Amerika Tengah dan juga Selatan, bulir jagung merupakan pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian warga penduduk benus Afrika dan juga  beberapa daerah di Indonesia.

Pada kesemapatan kali ini saya akan memberikan artikel tentang cara membuat keripik bawang jagung, dan juga hal lainnya yang berhubungan dengan tanaman jagung.

Selain Bawang jagung, jagung bisa dibuat menjadi keripik jagung .Berikut adalah beberapa versi untuk cara membuat keripik bawang jagung.

Bayam Jagung Bawang Putih

Bahan-bahan

  • 1 ikat bayam
  • 1 buah jagung manis(ukuran kecil, dipipil)
  • 6 siung bawang putih (geprek kemudian iris tipis2)
  • 1-2 buah daun bawang
  • Secukupnya garam, kaldu bubuk dan merica
  • Secukupnya kaldu bubuk (bila suka)
  • 1 sendok makan minyak goreng (untuk menumis)
  • 1/2 cangkir air (bisa lebih kalau suka banyak kuahnya)

Langkah-Langkah

  1. Siapkan bahan
  2. Geprek dan iris tipis bawang putih, juga daun bawang
  3. Panaskan wajan dengan minyak goreng dan tumis bawang putih hingga harum
  4. Masukkan pipilan jagung manis, aduk rata dan biarkan hingga empuk
  5. Kemudian masukkan bayam dan air. Aduk rata lagi
  6. Seasoning time, matikan api. Taburi garam, merica dan kaldu bubuk (bila suka).
  7. Cicipi, bila sudah oke, masukkan potongan daun bawang, kemudian normalkan api, aduk rata sebentar, lalu matikan api.
  8. Langsung angkat dari kompor, pindahkan ke piring/ wadah supaya bayam tetap crunchy/ tidak overcooked yg menyebabkan bayam jadi menghitam dan pahit
  9. Siap dihidangkan sebagai sayur atau pelengkap steak

Jagung Bawang Gurih Pedes

Bahan-bahan

  • 1 bonggol Jagung manis (mestinya 2)
  • 1 siung Bawang putih, ulek kasar
  • 2 bh Cabe rawit merah, ulek kasar
  • 1 sdm peres gula
  • Sejimpit garam
  • 1/2 sdm Margarin utk menumis

Langkah-langkah

  1. Pipil/serut jagung lalu rebus. Sisihkan. Siapkan bahan lainnya. Lalu ulek cabe & bawang putih
  2. Panaskan margarin, masukan ulekan bawang putih , cabe, tumis hingga harum, lalu masukan jagung, gula dan garam, aduk rata kemudian tes rasa
  3. Siap dinikmati

Jagung bakar madu bawang putih oles

Bahan-Bahan

  • 15 buah jagung
  • 200 gr margarine
  • 4 siung bawang putih (haluskan)
  • 2 sdm madu
  • 50 ml air panas
  • 1 batang sereh besar
  • arang secukupnya

Langkah-Langkah

  1. Siapkan panaskan arang.. kupas jagung dari kulit..
  2. Bersihkan olesi bumbu dan biarkan meresap dan bakar smp bumbu menyerap olesi lagi..
  3. bakar bolak balik hingga matang merata (bisa pke kipas tangan / kipas angin)
  4. Lakukan hingga jagung habis dan sajikan

Bakwan Jagung Bunga Bawang

Bahan-bahan

  • 2 buah Jagung Manis (Iris)
  • 3 helai Bunga Bawang (Iris)
  • 5 sdm Tepung Terigu
  • 3 sdm Tepung Beras Putih
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Kaldu Bubuk
  • 2 sdm Air
  • 1 butir Telur
  • Bumbu Halus:
  • 4 siung Bawang Putih
  • 3 siung Bawang Merah
  • 1 sdt Ketumbar
  • 1/2 sdt Merica

Langkah-langkah

  1. Haluskan bumbu halus.
  2. Lalu campurkan dengan bahan yang lain. Aduk aduk lalu goreng. Sajikan.

Bawang Jagung Bakar

Bahan-bahan

  • 5 sdm tepung tapioka
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1/2 sdt Penyedap bubuk rasa sapi
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk
  • secukupnya Air panas
  • 2 butir telur ayam uk besar

Bumbu halus

  • 3 siung bawang merah uk besar (iris tipis)
  • 2 siung bawang putih uk besar (iris tipis)
  • Antaka jagung bakar
  • Cabai bubuk jika ingin ekstra pedas

Langkah-Langkah

  1. Campur tepung tapioka,terigu,penyedap bubuk,& bawang putih bubuk campur dlm baskom hingga rata.
  2. Tuangkan air panas uleni hingga kalis dan dapat di bentuk jika blm kalis bisa di tambahkan tepung tapioka & terigu 1:1
  3. Bentuk sesuai selera klo saya bentuk pipih agar matang sempurna setelah di bentuk rebus dlm air yg mendidih hingga mengapung angkat dan tiriskan
  4. Siapkan wajan tumis bawang putih,bawang merah yg telah di iris tipis tumis hingga harum
  5. Setelah harum masukan cimin yg telah di rebus bersama 2 butir telur.aduk rata dan orak arik hingga hancur
  6. Setelah matang angkat masukan ke dlm mangkok taburkan antaka rasa jagung bakar jika suka pedas bisa di tambahkan cabai bubuk aduk hingga rata
  7. Siap di sajikan selagi panas

Manfaat yang Terkandung  Pada Jagung

Cara Membuat Bawang Jagung

Meningkatkan kesehatan penglihatan

Jagung manis memang kaya akan antioksidan yang bisa membantu dalam meningkatkan kemampuan pada penglihatan.

Pigmen zeaxanthin yang ada didalam dalam jagung manis mampu unt melindungi mata dari penyakit seperti degenerasi dan makula.

Jagung manis juga kaya beta karoten dan juga folat yang bisa mencegah penyakit lain yang memang berkaitan dengan masalaha kemampuan pada penglihatan.

Meningkatkan Daya Ingat

Jika Anda memang sering lupa untuk melupakan hal-hal yang penting, bukan tidak  mungkin daya ingat Anda juga mulai turun.

Jagung manis juga bisa membantu Anda untuk dapat meningkatkan daya ingat. Jagung manis memang kaya akan Thiamine dan jugavitamin B1.

Selain itu, jagung manis juga bisa meningkatkan kemampuan ingatan dan dapat mencegah berbagai jenis penyakit yang memang berkaitan dengan ingatan.

jagung manis juga sangat efektif untuk bisa mengurangi masalah pada pasien Alzheimer.

Mencegah Masalah Jantung

Jagung manis memang kaya akan kandungan  folat yang lebih dikenal sebagai vitamin B9.

Vitamin ini bisa membantu untuk  menurunkan asam amino yang ada di dalam pembuluh darah pada tubuh.

Meningkatkan kandunagn asam amino memang bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah yang kemudian dapat juga menyebabkan masalah pada jantung.

Konsumsi jagung manis untuk bisa menurunkan risiko dari terkena masalah jantung dan dapat mencegah kerusakan pada jantung Anda.

Mencegah Kanker Paru-Paru

Sebuah riset penelitian yang terbaru telah mengungkap bahwa tanaman  jagung manis bisa digunakan untuk mencegah kanker paru-paru.

Karena terdapat zat kimia alami yang disebut dengan cryptoxanthin dalam jagung manis yang jika memang diserap oleh tubuh akan bisa berubah menjadi vitamin A.

Karena hal itu, zat ini juga bisa membantu dalam mencegah perkembangan sel kanker paru-paru, dan juga bisa mencegah terbentuknya kanker jenis lain.

Meningkatkan Kekuatan Tulang

Jagung manis juga kaya akan mangan, zat seng, dan juga tembaga. zat Ini juga membantu untuk bisa meningkatkan kekuatan otot yang ada dalam tubuh.

Tidak hanya itu, zat tersebut juga memang bisa menurunkan rasa sakit akibat arthritis yang ada pada wanita.

Magnesium juga bisa membantu untuk mencegah mati rasa yang ada pada otot dan juga tubuh.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jagung manis memang dipenuhi oleh protein dan juga vitamin C. Vitamin C yang ada di dalamnya akan bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan yang ada pada tubuh.

Selain itu, vitamin C ini juga bisa  membantu dalam mencegah demam, pilek, dan juga flu.

Sekian pemabahasan tentang Cara Membuat keripik Bawang Jagung dan juga beberapa hal mengenai jagung lainya, semoga artikel saya tentang Cara Membuat keripik Bawang Jagung kali ini

 

Aneka Jenis Usaha Jajanan Rumahan Dan Cara Membuatnya

Aneka Jenis Usaha Jajanan Rumahan Dan Cara Membuatnya

Usaha Jajanan Rumahan

Aneka Jenis Usaha Jajanan Rumahan Dan Cara Membuatnya. Kadang kalau jajan  makanan yang ada di kantin atau juga yang ada disekitar sekolah suka bete deh. Atau juga bisa anda jadikan sebagai Usaha Cemilan.

Entah penjualnya yang kurang dalam menjaga kebersihan, atau jualannya deket selokan, atau juga pernah juga nemuin sesuatu di jajanan yang Anda beli.

Saya punya solusinya buat Anda yang memang enggak bisa untuk dapat menahan diri kalo liat jajan-jajanan tersebut, dan juga bisa dijadikan sebagai Usaha Jajanan Rumahan.

Kamu bisa masak semua jenis jajanan tersebuat di rumah,  Selain juga anda bisa untuk merhatikan kebersihan makanannya, anda juga bisa untuk makan sepuasanya.

Kalo anda membelinya  mungkin cuma ngotorin gigi doang, dan juga anggak ngenyangin.

Berikut Ini adalah beberapa Usaha Jajanan Rumahan yang mungkin bisa langsung untuk anda  praktekin di rumah dan juga bisa dimakan bareng-bareng.

Cilor

Perpaduan antara aci yang kenyel-kenyel dan juga sama telur terus ditambahin dengan bumbu pedas hal itu emang enak banget.

Dan juga saat Dimakan rasanya  pas lagi gabut atau juga bisa  jadi temen saat ngerjain tugas.

Bahan Aci

  • 250 gr tepung kanji
  • 125 gr tepung terigu
  • garam
  • penyedap makanan
  • air

Bahan Telur:

  • Telur
  • garam
  • 1 sdm tepung terigu

Cara Membuat Cilor

  1. Langkah pertama campur tepung kanji, tepung terigu, garam, penyedap makanan, dan juga dengan air secukupnya.
  2. Kemudian aduk sampai kalis. Dan Rebus air dan juga dkasih minyak supaya nanti acinya enggak nempel antara satu sama lain ya.
  3. Selanjutny rebus adonan aci sampai matang.
  4. Kalo dirasa udah matang, kemudian angkat lalu potong-potong seperti dadu.
  5. Kemudian kocok dan lepas telur kaya mau bikin telur dadar, dan juga tambahin garam serta tepung terigu.
  6. Setelah itu Panasin loyang atau juga teflon, kemudian tuang minyak secukupnya.
  7. Setelah itu Masukin aci dan juga telur ke loyang, dan jga masak sampe telurnya matang deh.
  8. Anda juga bisa untuk tambahin cabe dan juga bubuk atau mungkin saos untuk menikmatinya.

Kue Cubit

Jajanan ini memang sering banget untuk dimodifikasiin jadi berbagai macam jenis rasa.

Kue cubit pada masa kini juga sering dikasih dengan topping yang enak-enak seperti oreo, nutella, kitkat, dan masih banyak lagi.

Memang ada untungnya kan saat masak kue cubit sendiri, jadi kita bisa nentuin topping dengan sesuka hati deh.

Bahan-Bahan:

  • 100 gram gula pasir
  • 150 gram tepung terigu yang sudah diayak
  • 100 ml susu cair
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh vanili
  • 2 butir telur ayam

Cara Membuat Kue Cubit:

  • Langkah perttama siapin wadah yang berukuran sedang, kemudian campur semua bahan.
  • selanjutany Aduk sampai adonan rata dan juga jangan sampe ada yang masih mengumpal ya.
  • Kemudian Masukin adonannya ke teko atau dalam wadah yang ada corongnya.
  • Setelah itu tuang adonan ke cetakan, kemudian masak dengan api kecil, dan kemudian tutup dengan cetakan.
  • Anda juga bisa untuk masak kue cubit ini sampe matang atau juga setengah matang. dan Kalo sudah jadi, kemudian angkat dan terus kasih topping.

Piscok

Gorengan crunchy ini memang makin lama makin kecil, padahal juga enak banget saat makannya pada pagi-pagi dan juga masih anget.

Memang enak saat dimakan kapan aja dan juga selalu bisa jadi jajanan pengganjal saat sedang kelaparan. Kalo kini anda bisa bikin sendiri akan lebih murah, dan juga hasilnya nanti juga akan jadi lebih banyak.

Bahannya apalagi, memang mudah dan juga gampang banget buat nyarinya!

Bahan-Bahan

  • kulit lumpia secukupnya
  • pisang kapok
  • cokelat bubuk
  • gula pasir

Cara Bikin Piscok:

  1. Potong bisang menjadi empat bagian, atau terserah kalian mau pisangnya dibentuk kaya apa.
  2. Campur cokelat bubuk dan gula, aduk sampe rata.
  3. Ambil kulit lumpia, letakkan satu potong pisang di atasnya, taburin dengan campuran cokelat sama gula tadi, lalu gulung kulit lumpia.
  4. Kemudian Goreng pisang cokelat dalam minyak panas sampai matang dan kering, angkat, tirisin, pindahin ke piring deh. Piscok siap disantap!

Minuman dengan Buah

Minuman ini memang paling enak kalo cuaca pas lagi panas-panasnya . anda cuma memerlukan  sirup, buah, air, dan juga  es batu kalo mau bikin di rumah.

Lankah Pertama siapkan teko yang cukup besat, kemudian tuang sirup,  dan setelah itu masukin buah yang udah dipotong sesuai selera yang mau bentuknya kaya apa.

Setelah itu lalu tambahin air, aduk, dan juga masukin es batu deh. Tadaaaaa, praktis kan cara membuatnya? Dan enak lagi bisa juga diminum bareng sama sekeluarga.

Oreo Goreng

Bahan Yang Diperlukan:

  • 125 gram tepung terigu
  • 10 keping biskuit Oreo
  • 100 ml susu cair
  • 1 sdm gula halus
  • 1 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

  1. Langkah Campurkan gula halus, tepung terigu, susu cair, dan juga telur ke dalam satu wadah, lalu kemudian aduk hingga kental
  2. Selanjutnya masukkan Oreo ke dalam adonan tersebut hingga adonan tersebuat menutupi permukaan dari Oreo.
  3. Kemudian, setelah itu panaskan minyak goreng dan juga goreng adonan yang berisi Oreo tersebut hingga sampai berwarna kuning kecoklatan.
  4. Kemudian Angkat dan juga  tiriskan.

Bakpao Buah

Bahan-Bahan

  • 500 gr tepung terigu
  • 1 sdt ragi merek Fermipan
  • 250 ml air hangat
  • 4 sdm gula halus
  • 2 sdm mentega putih
  • 1 sdt baking powder
  • Selai cokelat atau selai buah lainnya sebagai isian

Cara Membuat:

  1. Langkah pertama Campurkan gula dan juga Fermipan ke dalam setengah gelas air yang hangat
  2. Selanjutnya Diamkan selama 15 menit sampai berbusa
  3. Setelah itu Campur terigu, mentega putih, dan juga baking powder.
  4. Kemudian Masukkan air hangat yang sudah diberi Fermipan tadi sedikit demi sedikit.
  5. Sembari terus diaduk-aduk hingga adonan hingga kalis, lalu setelah itu diamkan adonan tersebut selama kurang lebih 45 menit
  6. Setelah adonan didiamkan, tinju dan juga bagi adonan untuk bisa diwarnai sesuai dengan karakter yang anda diinginkan
  7. Kemudian bagi adonan menjadi 40 gr masing-masing. Bakpao juga harus dibentuk satu-satu terlebih dahulu sebelum dapat diberikan dengan isian
  8. Setelah adonan dibentuk, kemudian diamkan lagi selama kurang leih 5-10 menit hingga dapat mengembang dan juga siap untu dikukus selama 10 menit.
  9. Kukus untuk dalam ukuran kukusan yang telah didihkan sebelumnya.
  10. Jangan lupa untuk dapat melapisi kain bersih pada tutup kukusan agar tidak ada tetesan air yang menetes

Donat Stik

Bahan Donat:

  • 300 gram tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 50 gram gula pasir
  • 20 gram susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 100 ml air es
  • 30 gram margarin
  • 1 sdt garam
  • 20 buah tusuk sate

Bahan Isi:

  • 150 gr keju dipotong dadu

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama terlebih dahulu aduk rata tepung terigu, ragi instan, gula, dan juga susu bubuk dalam satu wadah yang sama.
  2. Setelah itu kemudian masukkan telur dan juga air es sedikit demi sedikit sembari diaduk dengan rata.
  3. Masukkan juga margarin dan juga garam. Dan kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit agar bisa mengembang.
  4. Setelah itu, Anda buat bulatan dan juga masukkan dadu keju ke dalamnya. dan diamkan selama kurang lebih 30 menit
  5. Goreng hingga warna kecoklatan. Lalu kemudian rangkai 3-4 potong donat dan isi pada tusuk sate.

Sekian artikel tentang Usaha Jajanan Rumahan. dan juga hal-hal lainnya, dan semoga artikel saya Usaha Jajanan Rumahan kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua

 

 

Usaha Makanan Ringan Rumahan Yang Menguntungkan

Usaha Makanan Ringan Rumahan Yang Menguntungkan

Usaha Makanan Ringan Rumahan

Anda sangat ingin membuka,usaha  makanan ringan rumahan, atau mungkin usaha camilan? . Tidak mesti harus dengan menyewa atau membeli rumah karena hal itu memang sangat mahal.

Anda tetap bisa untuk memulai usaha rumahan misalnya dengan cara membuat keripik atau juga usaha makanan ringan lain dengan modal yang tidak lebih dari Rp 100.000,00.

Bisnis yang seperti ini memang bukan hanya bermodal kecil tapi juga Anda bisa menguntungkan loh, Berikut ini adalah Usaha Makanan Ringan Rumahan.

Cara untuk membuat makanan ringan rumahan ini pun memang mudah. Anda juga tidak perlu untuk membeli alat-alat khusus seperti usaha industri yang besar.

Pemasarannya pun juga tidak sulit, Anda juga bisa titipkan di warung atau bisa di kantin sekolah dan juga hasilnya bisa dibagi sesuai dengan persetujuan dari kedua belah pihak.

Biasanya memiliki  harga jualnya yang ada di bawah sepuluh ribu rupiah karena yang akan dituju adalah golongan masyarakat menengah dan ke bawah

Kacang Bawang

Meski hanya kacang bawang digoreng, namun usaha makanan ringan rumahan, yang  satu ini juga laris manis di warung dan juga swalayan.

Apalagi saat waktu menjelang lebaran pastinya harganya juga akan naik.

Bagi Anda para ibu rumah tangga atau para karyawan yang ingin memiliki penghasilan tambahan tidak ada salahnya untuk mencoba usaha kacang bawang.

Keripik Singkong

Makanan yang satu ini memang telah menjadi camilan yang sangat melegenda dan juga tetap ada.

Tidak salah jika keripik singkong ini bisa dijadikan makanan ringan favorit, Karena bisa dimakan kapan saja, bahkan bisa juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk.

Membuatnya pun juga tak terlalu sulit, hanya saja bahan batang singkong memang terkadang keras sehingga memang butuh pisau yang tajam.

Biasanya cara untuk membuat keripik singkong yang renyah, singkong  diiris tipis-tipis dan kemudian direndam dengan air garam dan juga bawang putih.

Setelah itu, kemudian digoreng diminyak yang panas. Setelah matang, keripik singkong dapat ditiriskan agar minyaknya hilang.

lanting

Salah satu jenis makanan ringan rumahan yang melegenda adalah lanting. Meski keras namun camilan yang satu ini terbuat dari singkong ini ternyata tidak pernah sepi peminatnya.

Camilan yang berbentuk seperti cincin ini memang selain bisa langsung dimakan bisa dan juga dijadikan sebagai pengganti kerupuk saat anda makan makanan yang berkuah.

Lanting juga biasanya dapat dijadikan sebagai makanan untuk oleh-oleh daerah Kebumen, Pringsewu dan ljuga daerah ain-lain.

Keripik Bawang

Keripik bawang, merupakan makanan yang dikenal sebagai pengganti kerupuk ini memang enak jika dijadikan sebagai pelengkap di saat makan.

Tak sedikit pula yang menjadikan keripik ini sebagai makanan ringan. Jika Anda memang ingin membuka usaha ini tentunya akan dapat menguntungkan.

Cara untuk membuatnya pun juga  tak terlalu susah cukup dengan mencampurkan tepung terigu, dua butir telur, garam, bawang putih .

Yang telah dihaluskan, bawang bombai yang juga dihaluskan, mentega yang dicairkan dan juga air secukupnya. Kemudian digoreng dengan minyak yang panas.

Usus Crispy

Jika biasanya usus ayam yang biasanya dijadikan sebagai lauk kini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu usaha makanan ringan rumahan.

Menjadi usus crispy. Caranya memang cukup mudah dengan cara mengukus usus ayam kemudian ditambahkan dengan terigu, dan tepung beras, telur.

Bumbu halus (kemiri, bawang putih, merica dan penyedap rasa, dan juga garam). Setelah itu usus digoreng hingga menjadi crispy.

Makanan ringan ini setelah dapat diolah menjadi yang mahal. Per bungkusnya dapat dihargai dua ribu lima ratus rupiah.

Bolu

Bagi anda para pencinta kue bolu pastinya tahu apa itu bolu ngakak. Yaitu Bolu kukus yang sangat mekar.

Mungkin Jika diperhatikan dengan seksama akan seperti orang tertawa terbahak-bahak sehingga disebut juga dengan bolu ngakak.

Tak sedikit ibu-ibu yang bisa membuat kue bolu ini menjadi salah satu makanan ringan di rumahnya.

Karena untuk bisa membuat kue bolu ini meman bisa dibilang lebih mudah dibandingkan dengan brownies atau kue bolu lainnya.

Cemilan ini Bisa dibuatnya juga degan tanpa menggunakan mixer cukup dengan kocokkan seperti biasa.

Rempeyek Kacang

Makanan ringan rumahan yang satu ini biasanya dijadikan sebagai menu pengganti kerupuk atau juga dimakan sebagai camilan.

Makanan satu ini  terbuat dari tepung beras yang dicampurkan dengan kacang ini biasa dapat ditemukan di warung makan.

Cara untuk membuatnya pun cukup mudah yaitu dengan mencampurkan antara tepung beras, kuning telur, santan, kacang dan juga dengan  beberapa lembar daun jeruk yang telah diiris-iris.

Kemudian setelah itu digoreng dalam minyak yang panas. Sebelumnya digoreng adonan tersebut ditambahkan dengan bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah dan juga kemiri yang di sangrai.

Makaroni

Belakangan ini, memang ada banyak orang yang mencari makaroni. Alasannya, karena makanan ini sangat murah, namun juga berkelas tinggi.

Biasanya makanan ini memang dibuat menjadi salah makanan super pedas baik dalam keadaan basah (berkuah) maupun dalam keadaan kering karena digoreng.

Makaroni yang berjenis pasta ini biasanya bisa dihidangkan dengan cara direbus dengan ditambahi menggunakan saus.

Biasanya makanan ini dapat disajikan di kafe-kafe. Namun siapa sangka jika makanan yang satu ini kini  sedang hits ibisa Anda coba di rumah. Dan Anda juga bisa untuk memasarkan sendiri di warung.

Onde-onde

Makanan ringan yang satu ini mempunyai kombinasi antara tepung beras dan juga tepung ketan ini sering dapat kita temukan di toko roti maupun pada pedagang kaki lima.

Tak sedikit juga kaum ibu yang bisa membuat makanan yang berasal dari negara Tiongkok ini.

Makanan ringan yang satu ini memang telah juga memiliki beragam isi seperti kacang hijau, nanas, stroberi, pisang dan juga buah-buahan lainnya tersebut memiliki peluang usaha yang besar jika Anda Coba dikembangkan.

Cara untuk bisa membuat makanan ini cukup mudah yaitu dengan cara menambahkan tepung sagu, telur, gula pasir, vanili, garam dan juga air hangat secukupnya.

Singkong Keju

Singkong keju juga memang salah satu makanan ringan namun menjadi makanan yang sangat mengenyangkan.

Sebelum bisa dikombinasikan bersama keju, singkong ini memang sudah menjadi salah satu camilan walapun tak seenak dan juga tidak semahal ketika dikombinasikan bersama dengan keju.

Cara untuk membuat makanan ini yaitu dengan cara mengukus singkong dan juga kemudian setelah agak empuk dan juga berwarna kering.

Kemudian setelah itu angkat lalu ditambahkan dengan bumbu halus (bawang putih dan garam). Lalu Direndam hingga beberapa saat kemudian goreng keripik kembali.

Dan keripik setelah empuk, singkong tersebut digoreng hingga garing dan juga kemudian ditaburkan dengan keju yang diparut.

Sekian artikel tentang Usaha Makanan Ringan Rumahan, saya kali ini dan jagan lupa untuk mengunjugi artikel yang lainnya,

 

 

Perhitungan Bisnis Keripik Buah Dan Peluang Usahanya

Perhitungan Bisnis Keripik Buah Dan Peluang Usahanya

Perhitungan Bisnis Keripik Buah

Perhitungan Bisnis Keripik Buah Dan Peluang Usahanya. Keripik buah  merupakan sejenis makanan ringan berupa irisan tipis  buah-buahan, yang kemudian digoreng di dalam minyak nabati.

Untuk bisa menghasilkan rasa yang gurih dan juga renyah biasanya keripik dicampur dengan adonan tepung yang telah diberi bumbu rempah tertentu. hal itu juga dapat Perhitungan Bisnis Keripik Buah

Secara umum keripik juga dapat dibuat melalui tahap penggorengan, tetapi ada pula dengan hanya melalui penjemuran, atau juga bisa pengeringan.

Keripik dapat memiliki berasa dominan asin, pedas, manis, asam, gurih, atau juga bisa paduan dari kesemuanya.

Keripik singkong yang banyak diproduksi di kota Bandung dengan berbagai macam jenis rasa dan juga varian. Di kota Yogyakarta juga terdapat keripik berbahan baku dari jamur tiram.

Prospek Bisnis Keripik Buah

Prospek dari bisnis keripik buah juga sangat cerah dan dalam peminatnya sangat besar. Dalam usaha menjalankan bisnis keripik buah memang tidakalah begitu sulit.

Dimana anda dalam menjalankan bisnis keripik buah dapat membutuhkan mesin khusus dalam usaha produksinya.

Selebihnya tinggal dengan tahap pemasarannya. Selain itu Anda juga dapat melihat menganai ulasan menganai Perhitungan Bisnis Keripik Buah di bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat dengan Bisnis Keripik Buah

Bukan dibilang ini baru dan juga bisa bukan dibilang lama, begitulah binsis dari keripik buah.  Bisnis keripik buah ini memang menjadi salah satu  pilihan bisnis yang menguntungkan.

Karena laba yang bisa diperoleh dari bisnis keripik buah memang terbilang cukup tinggi dan juga tidak heran banyak yang ingin menerjuninya.

Jika Anda yang masih pemain baru dalam bisnis ini memanglah tidak sulit untuk bisa memulainya. Untuk bisa mengawali  bisnis keripik buah ini memang sangat gampang.

Bahan Baku Keripik Buah

Membuat bisa keripik buah sendiri juga membutuhkan pula bahan baku dalam cara pembuatannya.

Anda yang memiliki berbagai jenis buah yang ada dipohon dengan jumlah panen yang melimpah mungkin tentu bisa menerjuni bisnsi keripik buah ini merupakan pilihan yang tepat.

Selain itu anda juga dapat membelinya di pasar atau juga pada petani buah langsung dengan harga yang relatif  murah.

Pemilihan pada buah yang tepat juga tentunya harus melihat mutu dan juga melihat kualitas buah yang ada.

Pastikan pilih buah yang masih segar dan juga fresh agar bisa mendapatkan hasil keripik buah yang lebih nikmat.

Peralatan Usaha Keripik Buah

Dalam usaha menjalankan Perhitungan Bisnis Keripik Buah ini juga memang membutuhkan beberapa perlengkapan yang akan diperlukan.

Adapun jenis peralatan usaha yang memang diperlukan mulai dari mesin vacuum frying, mesin peniris minyak, kompor dan juga tabung gas, mesin hand sealer, timbangan, pisau buah dan juga peralatan lainnya.

Harga Jual Keripik Buah

Untuk harga jual dari keripik buah sendiri juga dapat menyesuaikan harga yang ada di pasaran.

Keripik buah ini biasanya dijual dalam harga per kemasan dijual mulai harga Rp 40.000 hingga harga Rp 80.000.

Perhitungan Bisnis Keripik Buah

Asumsi

  • Masa asumsi mesin vacuum frying selama waktu 5 tahun.
  • Mesin peniris minyak selama waktu 5 tahun.
  • Keranjang selama waktu 3,5 tahun.
  • Pisau buah selama waktu 5 tahun.
  • Kompor dan tabung gas selama waktu 5 tahun.
  • Timbangan selama waktu 5 tahun.
  • Mesin hand sealer selama waktu 5 tahun.
  • Toples selama waktu 5 tahun.
  • Nampan selama waktu 3,5 tahun
  • Serbet selama waktu 3,5 tahun
  • Pengangkat makanan selama waktu 3,5 tahun
  • Peralatan lainnya selama waktu 3,5 tahun

Investasi

Peralatan  Harga 
mesin vacuum frying  Rp.     14.102.000
 mesin peniris minyak  Rp.        1.524.500
 keranjang  Rp.             32.050
 pisau buah  Rp.             21.500
 kompor dan tabung gas  Rp.         303.000
 timbangan  Rp.           127.500
 mesin hand sealer  Rp.           314.400
 toples  Rp.             27.500
 nampan  Rp.             21.500
 serbet  Rp.             14.500
  pengangkat makanan  Rp.             12.600
 wadah  Rp.          32.000
 timba  Rp.          32.000
 Peralatan tambahan yang lainnya  Rp.          22.000
 Jumlah Investasi  Rp.  16.587.050

 

Biaya Tetap  Nilai
 Penyusutan mesin vacuum frying 1/62 x Rp. 14.102.000  Rp.           227.452
 Penyusutan mesin peniris minyak 1/62 x Rp. 1.524.500  Rp.             24.589
 Penyusutan keranjang 1/44 x Rp. 32.050  Rp.                 517
 Penyusutan pisau buah 1/44 x Rp. 21.500  Rp.                 489
 Penyusutan kompor dan tabung gas 1/62 x Rp. 303.000  Rp.               4.887
 Penyusutan timbangan 1/62 x Rp. 127.500  Rp.               2.056
 Penyusutan mesin hand sealer 1/62 x Rp. 314.400  Rp.               5.071
 Penyusutan toples 1/44 x Rp. 27.500  Rp.                 625
 Penyusutan nampan 1/44 x Rp. 21.500  Rp.                 489
 Penyusutan serbet 1/44 x Rp. 14.500  Rp.                 330
 Penyusutan pengangkat makanan 1/44 x Rp.12.600  Rp.                 286
 Penyusutan wadah 1/44 x Rp. 32.000  Rp.                 727
 Penyusutan timba 1/44 x Rp. 32.000  Rp.                 727
 Penyusutan peralatan lainnnya  1/44 x Rp. 22.000  Rp.                 500
 gaji karyawan  Rp.     1.400.000
 Total Biaya Tetap  Rp.   1.668.745

Investasi

Biaya Variabel
belimbing  Rp.  152.000  x   30  =  Rp.    3.360.000
mangga  Rp.   121.500  x   30  =  Rp.      3.645.000
apel  Rp.  172.000  x   30  =  Rp.      5.160.000
nanas  Rp.  112.000  x   30  =  Rp.    4.560.000
garam  Rp.     11.000  x   30  =  Rp.    8.100.000
minyak goreng  Rp.  270.000  x   30  =  Rp.         810.000
gula pasir  Rp. 250.000  x   30  =  Rp.    7.500.000
asam sitrat  Rp.    27.000  x   30  =  Rp.         330.000
kapur sirih  Rp.     21.000  x   30  =  Rp.         525.000
natrium metabisulfit  Rp.     17.500  x   30  =  Rp.         375.000
pewarna makanan  Rp.    12.500  x   30  =  Rp.         375.000
plastik pengemas  Rp.    45.000  x   30  =  Rp.      1.350.000
merek  Rp.    23.000  x   30  =  Rp.         690.000
gas LPG  Rp.     18.000  x   30  =  Rp.         540.000
sabun cuci  Rp.           200  x   30  =  Rp.             6.000
 sewa tempat  Rp.     16.500  x   30  =  Rp.         495.000
 promosi  Rp.     5.000  x   30  =  Rp.         150.000
 air dan listrik  Rp.     11.500  x   30  =  Rp.         345.000
 Total Biaya Variabel  Rp. 38.316.000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp.  39.984.745

 

Pendapatan per Bulan
  33  kemasan  x  Rp. 45.000  =  Rp.  1.485.000
Rp. 1.485.000  x    30  hr  =  Rp. 44.550.000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    44.550.000  –  39.984.745  =  Rp. 4.565.255

 

Lama Balik Modal
Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 16.587.050  :  4.565.255  =            4  bln

Aneka Jenis Keripik Buah

Perhitungan Bisnis Keripik Buah

 

Keripik Buah Nangka

Rasa buahnya yang memang manis, dan penampakannya yang menggugah selera, serta warnanya yang cerah, bisa membuat siapapun ingin mencicipinya,

Bahkan saat di toko oleh-oleh serasa ingin segera memborong keripik buah nangka  sebagai oleh-oleh unggulan.

 Keripik Buah Salak

Buah Salak ini memang enak untuk langsung dimakan, bahkan saking enaknya ingin cepat-cepat menghabisan.

Namun Anda jangan khawatir, ketika anda ingin makan salak yang versi keripik atau bisa salak yang lebih awet, maka solusi untuk membuat kripik buah salak memang sangat tepat.

Keripik Buah Apel

Untuk bisa meningkatkan produktifitas dari harga buah apel, maka diperlukan beberapa variasi produk dari apel.

Beberapa yang sudah ada dan berjalan antara lain selai apel, sirup apel, dan yang tidak mau ketinggalan adalah kripik buah apel.

Keripik buah apel ini memang terasa enak dimakan dan juga gurih, dan bagi anda yang senang dengan apel hijau, rasa kecutnya pun juga sudah agak hilang.

Keripik Buah Mangga

Alternatif untuk membuat mangga menjadi lebih tahan lama, Long Life Manggo, maka kripik buah mangga merupakan salah satu solusinya.

Keripik buah ini mangga juga hampir sama dengan keripik buah lainnya, aroma yang juga menusuk hidung, dan juga rasanya yang manis.

Tetapi kress dan juga kriuk jika dimakan merupakan salah satu  sensasi asyik yang punya nilai lebih dari yang  aslinya. Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi artikel tentang cara membuat keripik Sayur dan Buah.

Sekian artikel tentang Perhitungan Bisnis Keripik Buah, dan hal lanin mengenai keripik buah lainyya, jangan lupa untuk mengunjungi artikel yang lainnya

 

 

Peluang Usaha Keripik Rambutan Dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Keripik Rambutan Dan Analisa Usahanya

Usaha Keripik Rambutan

Peluang Usaha Keripik Rambutan Dan Analisa Usahanya.  adalah sejenis makanan ringan berupa irisan tipis dari buah rambutan yang digoreng di dalam minyak nabati.

 usaha keripik rambutan yang memang memiliki berprospek yang bagus. Anda bisa untuk mempopulerkan keripik rambutan ini kemasyarakat luas, dengan memiliki persaingan yang memang tidak terlalu banyak.

Info Usaha Keripik 

Camilan dari bahan rambutan ini dapat dijadikan usaha dengan prospek keuntungan yang menarik.

Camilan ini juga memiliki target pasar yang tinggi, dan hampir semua kalangan bisa untuk mencoba keripik rambutan.

Mengelola bisnia ini juga memnag sangat mudah hanya perlu membutuhkan beberapa modal untuk bisa membeli bahan baku dan juga peralatan bisnis atau alat produksi.

Modal Usaha 

Untuk modal usaha keripik rambutan ini memang membutuhkan modal yang tidak terlalu besar. Bahan dan juga peralatan mudah untuk didapatkan.

Modal usaha nantinya bisa digunakan untuk dapat membeli mesin pembuat keripik buah, peralatan pengemas dan juga biaya lainnya.

Bahan Baku Keripik 

Bahan baku dalam pembuatan keripik ini yaitu berupa buah rambuatan yang matang dan juga minyak goreng.

Ini nantinya akan dimasukan ke dalam mesin khusus supaya bisa dibuat menjadi keripik yang memiliki rasa yang nikmat.

Siapkan Peralatan Membuat Keripik

Peralatan untuk dapat membuat keripik rambutan adalah  mesin vacuum frying, pisau, wadah, peniris minyak,  pengemas, timbangan serta beberapa peralatan lainnya.

Lokasi Usaha Keripik 

Bisnis keripik yang satu ini juga dapat dijalankan dirumah, usaha keripik rambutan memang dapat  dikerjakan dalam skala rumah tangga .

Bila usaha keripik rambutan anda disukai maka anda akan dapat merambah ke usaha keripik rambutan dalam skala yang besar dengan cara  menyewa tempat yang lebih luas.

Konsumen Produk Keripik Rambutan

Untuk Camilan keripik rambutan yang bertekstur empuk serta renyah jadi semua usia bisa untuk mencobanya.

Anak-anak, remaja dan bahkan orang tua juga dapat menjadi target pasar yang empuk untuk usaha keripik rambutan anda.

Keripik dari bahan buah rambutan memang tentu akan sangat menarik minat bagi para konsumen.

Karyawan Usaha Keripik Rambutan

Usaha keripik rambutan dapat dilakukan tanpa karyawan, jadi memang akan lebih menghemat biaya pengeluaran.

Namun bila usaha anda semakin besar maka anda juga dapat menambahkan karyawan untuk bisa membantu pekerjaan dalam memproduksi keripik rambutan.

Promosi Usaha Keripik 

Lakukanlah promosi  keripik rambutan dengan cara anda membuat spanduk lalu spanduk ini  dapat dipasang didepan lokasi, usaha keripik rambuatan.

Promosi juga  dapat memanfaatkan media sosia supaya produk keripik rambutan anda lebih dikenal luas.

Pemasaran Usaha Keripik 

Menitipkan produk keripik rambutan ini di toko, toko oleh – oleh,  warung,  mini market dan juga tempat lainnya.

Jalinlah kerjasama dengan para pengelola toko camilan supaya lebih mudah dalam usaha memasarkan produk keripik rambutan anda ini.

Strategi Usaha Keripik Rambutan

Strategi ini juga dapat dilakukan dengan cara yaitu mengemas keripik rambutan secara unik dan juga menarik.

Dengan cara menambahkan label  dan juga beberapa gambar. Pastikan brand usaha keripik ini memang mudah diingat dan unik.

Kemas keripik dalam kemasan yang transparan dan juga tebal, lalu Buat produk sesuai dengan tahapan pengolahan agar hasil dari produk bisa tetap terjaga dan disukai.

Cara Membuat Keripik Rambutan

Setelah kita mengetahui tentang Usaha Keripik Rambuta, setelah itu saya juga akan memberikan artikel tentang cara membuat keripik rambutan.

Bahan-Bahan

  •  Buah 15 kg
  • Glukose secukupnya
  • Minyak Nabati

Cara Membuat Keripik Rambutan :

  1.  Kupas kulit buah rambutan terlebih dahulu, dan buang isinya dan iris.
  2. Kemudian setelah itu cuci buah rambutan sampai bersih.
  3. Setelah selesai dicuci bersih lalu masukan irisan buah rambutan ke dalam freezer kurang lebih selama  1-2 jam.
  4. Kemudian masukkan irisan buah rambutan segar ke dalam keranjang penggorengan. Lalu tutuplah tabung penggorengan dengan rapat dan kencang.
  5. Kemudian Anda Nyalakan pompa dan juga kompor sampai tekanan menunjukan hingga – 65 cmHg dan sampai suhu tabung penggoreng mencapai suhu 85 derajat celcius.
  6. Setelah itu kemudian turunkan keranjang penggorengan
  7. Intip tabung pada penggorengan ketika anda lama menggoreng dan telah mencapai 2 jam.
  8. Tanda-tanda bahwa telah matang adalah sedikitnya gelembung-gelembung di tabung penggoreng,
  9. Jernihnya kaca pada pengintip, dan tekanan vacuum mencapai -69 sd -70 cm Hg kembali, dan juga suhu juga telah mencapai 85 derajat celcius
  10. Setelah matang, kemudian tarik tuas penggoreng ke atas lalu setelah itu  matikan pompa. Dan kemudian Buka keran pelepas vacuum dan juga penutup tabung.
  11. Kemudian Masukan ke dalam spinner dan juga jalankan spinner sampai tidak ada minyak yang menempel di Kripik Buah Rambutan.
  12. Setelah itu Kemas Kripik Buah Rambutan dalam kemasan aluminium foil.\

Manfaat yang Ada pada Buah Rambutan

Usaha Keripik Rambutan

Ada Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan hanya dengan mengonsumsi buah rambutan.

Buah rambutan memang memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, mulai dari karbohidrat, serat, lemak, protein, hingga juga mengandung vitamin C.

Manfaat dari buah rambutan juga sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan energi, mengurangi sembelit, bahkan dapat juga untuk membantu Anda  menurunkan berat badan.

Meningkatkan Energi

Kandungan yaang tinggi karbohidrat dan juga protein yang ada dalam buah rambutan juga memainkan peran yang penting dalam meningkatkan energi.

Variasi vitamin B yang ada dalam buah rambutan bisa membantu dalam meningkatkan metabolisme energi.

Sehingga, buah rambutan juga bisa  mengubah karbohidrat menjadi energi yang dapat digunakan oleh tubuh.

Kaya Vitamin C

Buah Rambutan juga memiliki kandungan vitamin C dan juga antioksidan yang berperan penting dalam hal kekebalan tubuh.

Manfaat dari vitamin C yang ada dalam tubuh sangat banyak dan tidak terbatas, mulai dari membantu meningkatkan penyerapan zat besi hingga meningkatkan kualitas darah.

Komponen pembentukan kolagen dalam vitamin C membantu mengurangi peradangan kulit, dan membantu membangun tulang yang lebih kuat dan sendi.

Mengurangi Sembelit

Buah rambutan memang memiliki kandungan serat yang tinggi yang bisa berdampak langsung pada peningkatan buang air besar.

Sehingga akan sangat membantu dalam hal bisa mengurangi kemungkinan gangguan dari pencernaan dan juga sembelit

Menghilangkan Kotoran Ginjal

Kandungan fosfor yang ada di dalam buah juga bisa untuk membantu dalam menyaring limbah dari tubuh. dan juga Mineral penting membantu fungsi ginjal.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Sifat buah rambutan yang memang rendah kalori dan juga memiliki kandungan serat yang tinggi akan bisa membantumu dalam mengurangi rasa lapar.

Kandungan air yang cukup tinggi yag ada dalam buah akan dapat membatasi kebutuhanmu untuk dapat mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup besar.

Sehingga, lemak yang ada dalam tubuh akan dapat berkurang.

Cukup sekian artikel tentang usaha keripik Rambutan  yang dapat saya bagikan, jangan lupa untuk mengunjugi artikel saya yang lainya.

 

 

Resep Aneka Keripik Layak Jual Yang Manguntungkan

Resep Aneka Keripik Layak Jual Yang Manguntungkan

Resep aneka Keripik Layak Jual

Resep Aneka Keripik Layak Jual, Yang Manguntungkan, ada banyak sekali berbagai macam jenis makanan keripik yang ada di indonesia yang layak jual dan juga memberikan keuntungan yang menjanjikan.

Pada kesemapat kali ini saya akan memberikan resep aneka keripik sayur dan buah yang layak jual. Berikut adalah Resep Aneka Keripik Layak Jual, yang akan saya bagikan.

Resep Keripik Singkong

Bahan-Bahan

  • 1 kg singkong

Bahan bumbu

  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih matang
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman
  • 5 siung bawang putih, dihaluskan sebagai campuran rendaman
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • Minyak nabati untuk menggoreng

Cara pengolahan keripik singkong :

  1. Langkah pertama Singkong yang telah dipilih dikupas dan dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan cara menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  2. Kemudian Campur air bersih dengan air kapur sirih, dan campurkan bawang putih dan juga garam yang sudah dihaluskan,
  3. Selanjutnya Aduk hingga merata. Lalu Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga selama 30 menit, kemudian angkat lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu kemudian goreng irisan singkong  hingga matang dan juga kering, kemudian angkat dan juga  tiriskan keripik singkong hingga dingin dan juga tidak berminyak .
  5. Setelah itu taburkan beberapa variant rasa dari bumbu tabur tersebut yang kita sukai atau juga selera kita dengan singkong yang telah di goreng dan juga di tiriskan
  6. Kocok-kocok atau bisa juga aduk hingga bumbu tabur dan juga keripik singkong tersebut merata.
  7. Keripik singkong siap untuk sajikan sebagai teman kita saat santai atau bersama dengan keluarga tercinta .

Resep Keripik Pisang

Bahan-Bahan

  • 16 bh pisang kepok
  • 1,5 sdm garam
  • secukupnya Gula
  • Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 15 bh cabe rawit

Langkah-Langkah

  1. Iris tipis-tipis pisang yang sudah dicuci sampai bersih
  2. kemudian tambahkan dengan garam dan juga bumbu halus aduk rata diamkan kurang lebih setengah jam dalam sebuah wadah untuk meresapkan bumbu.
  3. Siapkan wajan yg berisi minyak yg sdh panas.
  4. Goreng sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai setengah matang
  5. Kemudian taburi gula ke dalam wajan sesuai selera (me 4sdm) dengan proses terus diaduk biar gak lengket.
  6. Dan goreng sampai kuning kecoklatan angkat tiriskan.

Cara Membuat Keripik Melon

Bahan-Bahan

  • 1 kg buah melon, pilih yang masih mengkal
  • 2 liter minyak goreng
  • 75 gr garam
  • 150 gr gula pasir
  • 0,75 gr natrium metabisulfit
  • 100 gr gamping / kapur sirih
  • 1,5 liter air bersih
  • 7,5 gr asam sitrat

Cara Membuat Keripik Buah Melon:

  1. Langkah pertama Belah untuk buah melon, lalu kupas kulitnya dan juga buat menjadi potongan kecil sesuai dengan keinginan.
  2. Selanjutnya Rendam buah melon ke dalam larutan air kapur sirih dan juga gamping selama kurang lebih 5 jam.
  3. Kemudian setelah itu dapat di angkat buah melon dari dalam air kapur sirih atau gamping serta buah melon dapat segera untuk dicuci hingga bersih.
  4. Setelah itu Tiriskan buah tersebut hingga semua kadar air dalam buah melon  hilang
  5. Kemudian Goreng buah melon dengan cara menggunakan mesin vacuum frying (masukkan minyak) sampai matang dan juga kering.
  6. Pemanasan pada minyak goreng dapat juga dipanaskan dengan suhu 80 – 90 derajat Celcius,
  7. Suhu tida boleh terlalu panas agar bisa terhindar dari gosong pada keripik melon.
  8. Tiriskan buah melon dari minyak dan juga tunggu hingga benar – benar telah dingin
  9. Selanjutnya kita simpan buah melon ke dalam kantong plastik ataupun yang menggunakan wadah yang kedap dengan udara.

Cara Membuat Keripik Pepaya

Bahan-Bahan

  • Buah pepaya
  • Air
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Keripik Buah Pepaya

  1. Langkah pertama Siapkan papaya yang akan anda proses
  2. Selanjutnya Buah pepaya yang matang yang sudah anda siapkan tadi dikupas dan diiris  dengan ketebalan 5mm, dan jangan lupa buang bijinya.
  3. Setelah itu mencelupkan buah ke dalam air panas (95-98 0 C) selama 3 menit sambil aduk-aduk secara perlahan.
  4. Untuk Proses blanching ini, setiap 1 kg irisan buah memang  diperlukan 2 liter air panas.
  5. Kemudian Anda keringkan sehingga kadar air yang tersisa hanya tinggal 6-8 %
  6. Penggorengan dilakukan dapat dengan banyak minyak panas yang bersuhu 165 0 C selama 13-17 detik.
  7. Untuk bisa mendapatkan hasil keripik yang lebih baik, penggorengan juga dapat dilakukan dengan cara menggunakan penggorengan vacuum frying.
  8.  Pada suhu yang 120 0 C, dengan memiliki tekanan 60-80 mmHg selama 58-62 menit.
  9. Setelah anda selesai digoreng, keripik emudian ditiriskan sampai dingin.
  10. Selanjutnya adalah kemaslah keripik buah pepaya yang sudah matang dalam kemasan aluminium foil dengan ukuran yang anda inginkan mulai dari 50gram, 100 gram hingga bisa juga  1 kg.

Keripik Buah Salak

Bahan-Bahan

  • Buah salak yang sudah matang 2 kil0 gram
  • Air 2,5 liter
  • Kapur sirih 100 gram
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam secukupnya

    Cara Membuat Keripik Salak Tanpa mesin :

  1. Ambilah buah salak yang masih segar, lalu pilih buah salak yang masih baik dan juga tidak busuk.
  2. Lalu kupas buah salak dari kulitnya sampai besih.
  3. Selanjutnya buah salak dipisahkan dari bijinya dan juga ambil daging salaknya. bersihkan daging salak.
  4. Kemudian masukan kapur sirih pada air, lalu kemudian tambahkan engan garam dan juga gula pasir. Aduk hingga semua bahan larut.
  5. Lalu kemudian masukan daging salak dan direndam selama 1 jam.
  6. Setelah salak direndam dengan sirih selama 1 jam kemudian bisa diangkat salaknya dari rendaman dan juga tiriskan.
  7. Panaskan dalam oven tradisional pada wajan, dan juga masukan salak pada oven. Tapi terlebih dahulu diatur letak daging buah salaknya agar tidak dapat bertumpukan.
  8. Kemudian panaskan wajan hingga benar-benar panas dan setelah itu goreng salak hingga berwarna kuning keemasan atau juga warna coklat.
  9. Setelah salak sudah matang digoreng, kalau punya alat sentrifugal atau jga disept pemusing bisa digunakan untuk menghilangkan kandungan minyak salak bisa hilang,

Keripik Sukun

Bahan-Bahan

  • Sukun matang 1 buah, kupas kemudian cuci hingga bersih dan potong serta iris tipis
  • kapur sirih 2 sdt
  • air 2 liter
  • Minyak goreng siapkan secukupnya

Bahan bumbu 

  • garam 1 sdm
  • ketumbar bubuk 1 sdm
  • bawang putih 4 siung, haluskan
  • gula pasir 1 sdt
  • jari kunyit 1 ruas, haluskan

Cara Membuat Keripik sukun

  1. Langkah pertama siapkanlah  wada dan kemudian campurkan dengan kapur sirih dan juga air
  2. Setelah itu anda mamsukkan irisan sukun dan juga rendam sekitar 4 sampai 5 jam
  3. Kemudian angkat dan juga kemudian cuci hingga bersih lalu bisa tiriskan
  4. Setlah itu Anda campurkan bumbu yang telah di siapkan kemudian di aduk hingga semua terampur secara rata
  5. Setelah itu anda lumuri irisan sukun dengan bumbu hingga merata. Lalu Biarkan bumbunya meresap dan tunngu selama 15 menit.
  6. Setelah itu sukun digoreng di atas minyak yang panas dalam wajan hingga matang dan juga warna keripik menjadi kuning agak kecokelatan.
  7. Selesai, angkat dan kemudian tiriskan dan setelah itu masukkan dalam wadah. dan bisa Sajikan
Sekian artikel saya tentang Resep Aneka Keripik Layak Jual, dan semoga artikel saya tentang Resep Aneka Keripik Layak Jual dapat memberikan manfaat bagi anda semua

 

 

 

Peluang Usaha Keripik Singkong Dan Analisa Usahanya

Peluang Usaha Keripik Singkong Dan Analisa Usahanya

Usaha Keripik Singkong

Peluang Usaha Keripik Singkong Dan Analisa Usahanya. Keripik singkong merupakan salah satu jenis makanan yang terbuat dari singkong.

Yang kemdian diiris tipis lalu digoreng dengan cara menggunakan minyak goreng.

Biasanya rasanya adalah asin dengan aroma bawang yang gurih. Perkembangan sekarang banyak memunculkan variasi rasa keripik singkong.

Keripik singkong bisa juga dijadikan peluang usaha, berikut adalah usaha keripik singkong yang patut anda coba.

Memilih Singkong yang Bagus

Pemilihan singkong atau juga bahan baku dalam menjalankan bisnis keripik singkong akan menjadi penentu awal dari kesuksesan bisnis yang sedang Anda jalankan.

Usahakan agar memilih tanama singkong yang masih baru dipanen. Singkong yang masih baru dipanen biasanya akan masih banyak mengandung karbohidrat.

Hindari untuk bisa menggunakan singkong  dalam keadaan cacat supaya tidak akan mempengaruhi cita rasa keripik yang akan dihasilkan.

Memperhatikan Cita Rasa dan Tekstur

Cita rasa pada keripik singkong juga akan menjadi salah satu hal yang perlu untuk diperhatikan.

Masyarakat pasti akan memilih keripik singkong dengan memiliki  cita rasa yang enak.

Salah satu hal yang memang dapat untuk meningkatkan cita rasa dari  keripik singkong semakin nikmat adalah dengan penambahan rasa.

Dengan semakin banyak varian rasa yang Anda sajikan akan bisa membuat masyarakat semakin tertarik.

Selain untuk memperhatikan cita rasa Anda juga perlu untuk memperhatikan tekstur dari keripik yang sedang Anda produksi.

Usahakan Anda untuk bisa membuat keripik dengan tekstur yang tidak terlalu keras agar mudah untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Kemasan Rapi dan Menarik

Kemasan yang menarik biasanya akan menjadi fator penentu dari kesuksesan bisnis yang sedang dijalankan.

Untuk itu Anda juga harus mengupayakan agar kemasan keripik anda terilihat menarik dengan cara memperhatikan desain pada kemasan, jenis plastik yang Anda gunakan, dan juga kemasan pemasaran.

Ada Beberapa hal penting yang perlu untuk diperhatikan dalam menjalankan usaha keripik singkong yang dapat Anda perhatikan di atas.

Apabila Anda juga  ingin bisa mengembangkan bisnis keripik singkong berikut ini merupakan hitungan analisa dalam upaya menjalankan bisnis keripik singkong yang perlu untuk Anda ketahui.

Analisa Usaha Keripik Singkong

Asumsi

  • Penggunaan mesin perajang singkong selama waktu 6 tahun.
  •  Kompor serta tabung gas selama waktu 5 tahun.
  • Wajan selama waktu 4 tahun.
  •  Penggoreng selama waktu 3 tahun.
  • Mesin cup sealer selama waktu 4 tahun.
  • Wadah selama waktu 3 tahun.
  • Serbet selama waktu 1 tahun.
  • Pisau selama waktu 3 tahun.
  • Telenan selama waktu 4 tahun.
  • Meja dan kursi selama waktu 3 tahun.
  • Peralatan tambahan selama waktu 3 tahun.

Investasi

Peralatan Harga 
 Mesin perajang singkong  Rp. 4,000,000
 Kompor dan gas  Rp. 350,000
 Wajan  Rp. 100,000
 Penggoreng  Rp. 30,000
 Mesin hand sealer  Rp. 2,000,000
 Wadah  Rp. 50,000
 Serbet  Rp. 30,000
 Pisau  Rp. 50,000
 Telenan  Rp. 30,000
 Meja dan Kursi  Rp. 1,500,000
 Peralatan tambahan  Rp. 100,000
 Jumlah Investasi  Rp. 8,240,000

 

Biaya Operasional per Bulan
 Biaya Tetap
 Penyusutan mesin perajang singkong 1/30 x Rp. 4.000.000  Rp. 133,333
 Penyusutan kompor dan gas 1/30 x Rp. 350.000  Rp. 11,667
 Penyusutan wajan 1/30 x Rp. 100.000  Rp. 3,333
 Penyusutan penggoreng 1/30 x Rp. 30.000  Rp. 1,000
 Penyusutan mesin hand sealer 1/30 x Rp. 2.000.000  Rp. 66,667
 Penyusutan wadah 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan serbet 1/30 x Rp. 30.000  Rp. 1,000
 Penyusutan pisau 1/30 x Rp. 50.000  Rp. 1,667
 Penyusutan telenan 1/30 x Rp. 30.000  Rp. 1,000
 Penyusutan meja dan kursi 1/30 x Rp. 1.500.000  Rp. 50,000
 Penyusutan alat tambahan 1/30 x Rp. 100.000  Rp. 3,333
 Total Biaya Tetap  Rp. 274,667

 

Biaya Variabel
 Singkong  Rp. 200,000  x  30  =  Rp. 6,000,000
 Garam  Rp. 10,000  x  30  =  Rp. 300,000
 Air kapur sirih  Rp. 10,000  x  30  =  Rp. 300,000
 Listrik  Rp. 20,000  x  30  =  Rp. 600,000
 Gas LPG  Rp. 50,000  x  30  =  Rp. 1,500,000
 Minyak goreng  Rp. 100,000  x  30  =  Rp. 3,000,000
 Bubuk aneka rasa  Rp. 100,000  x  30  =  Rp. 3,000,000
 Plastik kemasan  Rp. 85,000  x  30  =  Rp. 2,550,000
 Biaya Variabel  Rp. 17,250,000

 

Total Biaya Operasional
 Biaya tetap + biaya variabel =  Rp. 17,524,667

 

Pendapatan per Bulan
 Penjualan rata – rata =
500 Bungkus  x Rp. 2,000  =  Rp. 1,000,000
Rp. 1,000,000  x 30  hr  =  Rp. 30,000,000

 

Keuntungan per Bulan
 Laba    = Total Pendapatan – Total Biaya Operasional
 Rp.    30,000,000  – 17,524,667  =  Rp. 12,475,333

 

Lama Balik Modal
 Total Investasi / Keuntungan =  Rp. 8,240,000  : 12,475,333  = 1  bln

Cara Membuat Keripik Singkong

Selain kita mengetahui tetang usaha keripik singongm disini saya  juga akan memberikan cara untuk membuat keripik singkong yang memiliki tekstur gurih dan renyah

Resep Keripik Singkong Gurih

Bahan-Bahan

  • 1 kg singkong

Bahan bumbu

  • 1 sendok makan kapur sirih
  • 300 ml air bersih matang
  • 5 sendok makan garam untuk rendaman
  • 5 siung bawang putih, dihaluskan sebagai campuran rendaman
  • 2 sendok makan gula pasir untuk bumbu
  • Minyak nabati untuk menggoreng

Cara pengolahan keripik singkong :

  1. Langkah pertama Singkong yang telah dipilih dikupas dan dicuci hingga bersih lalu iris tipis-tipis dengan cara menggunakan alat pengiris untuk membuat keripik.
  2. Kemudian Campur air bersih dengan air kapur sirih, dan campurkan bawang putih dan juga garam yang sudah dihaluskan,
  3. Selanjutnya Aduk hingga merata. Lalu Kemudian rendam irisan singkong kedalamnya hingga selama 30 menit, kemudian angkat lalu tiriskan.
  4. Panaskan minyak goreng, lalu kemudian goreng irisan singkong  hingga matang dan juga kering, kemudian angkat dan juga  tiriskan keripik singkong hingga dingin dan juga tidak berminyak .
  5. Setelah itu taburkan beberapa variant rasa dari bumbu tabur tersebut yang kita sukai atau juga selera kita dengan singkong yang telah di goreng dan juga di tiriskan
  6. Kocok-kocok atau bisa juga aduk hingga bumbu tabur dan juga keripik singkong tersebut merata.
  7. Keripik singkong siap untuk sajikan sebagai teman kita saat santai atau bersama dengan keluarga tercinta .

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Usaha Keripik Singkong

 

Singkong juga merupakan salah satu perdu dari keluarga Euphorbiaceae dan juga memiliki peranan penting sebagai penghasil sumber makanan pokok bagi sebagian penduduk di dunia,

Terutama di  kawasan  negara-negara tropis di wilayah Amerika Selatan, Afrika, dan juga Asia.

Memang ada lebih dari dua-pertiga  total produksi dari tanaman singkong  ini digunakan sebagai bahan makanan bagi manusia.

Sebagai Sumber Energi dan Bahan Bakar Tubuh

Singkong juga merupakan tanaman terbaik yang mampu mengubah energi matahari menjadi karbohidrat larut.

Dalam bentuk tepung, 1 kilogram tanaman singkong mampu menghasilkan sekitar 3750 kkal

Manfaat Produk Olahan Singkong Bagi Kesehatan

Tak hanya bisa disajikan sebagai menu kudapan, singkong juga dapat dijadikan sebagai tepung tapioka yang kemudian bisa digunakan untuk keperluan produksi makanan ringan, kue, pudding, ataupun pengental.

Kandungan yang Terdapat Dalam Singkong

Manfaat singkong bagi kesehatan dapat untuk ditilik dari beberapa kandungan nutrisi yang memang terdapat di dalamnya.

Singkong juga memainkan peran penting sebagai salah satu bahan pokok karena kandungan karbohidrat yang memang tinggi.

Manfaat Singkong Bagi Kesehatan

Singkong juga termasuk juga dalam sayuran akar atau juga umbi-umbian. Sebagian orang untuk menggunakan akar untuk bisa membuat obat.

Manfaat singkong bagi kesehatan juga masih bisa memerlukan pembuktian yang lebih lanjut,

Sekian artikel tentang Usaha Keripik Singkong yang satu ini. Semoga artikel saya tentang Usaha keripik singkong  kali ini bisa memberikan manfaat bagi anda semua

Resep cara Buat Keripik Pisang Kepok Yang Manis Dan Gurih

Cara Buat Keripik Pisang Kepok

Resep cara Buat Keripik Pisang Kepok Yang Enak dan Krispi. Pisang kepok adalah salah satu jenis kultivar pisang dari kelompok kultivar ABB.

Pisang kepok juga ini termasuk dalam kelompok pisang olah (plantain) karena tinggi kandungan patinya.

Jenis pisang yang satu ini juga dikenal pula di daerah-daerah lain sebagai berikut.

  • Filipina: SabaSab-aCardaba
  • Bali: Biu gedang saba
  • Malaysia: Pisang Nipah atau Pisang Abu
  • Ilocano: Dippig
  • Thai: Kluai Hin
  • Hawaii: Opu-’uluDippig (dari Ilocano).

Pisang, selain cocok makan langsung pisng juga dapat diolah menjadi aneka macam cemilan yang enak, dancemilan yang paling terkenal adalah keripik pisang,

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan artkel tentang cara Buat Keripik Pisang Kepok, serta hal lainya mengenai pisang lainnya. Serta aneka versi dari cara membuat keripik pisang kepok.

Versi 1 Cara Buat Pisang Kepok

Bahan-Bahan

  • 5 sisir pisang kepok muda
  • secukupnya gula pasir
  • minyak goreng
Langkah-Langkah
  1. Kupas pisang kepok rendam dalam sedikit air kapur sirih.
  2. Iris pisang dengan irisan keripik..cuci dengan air kapur sirih smpi getah pisang bersih.
  3. Panaskan minyak.goreng irisan pisang sampai kering berwarna kuning.angkat tiriskan.
  4. Panaskan gula pasir dan sedikit air smpi kental.masukkan irisan keripik pisang,aduk rata secepatnya.matikan api.
  5. Keripik pisang manis siap dinikmati.

Versi Ke 2 Cara Buat Keripik Pisang Kepok

Bahan-Bahan

  • 2 sisir Pisang kepok
  • 5 sendok Gula pasir
  • 200 gram Gula aren/ gula jawa
  • 2 gelas Air
Langkah-Langkah 
  1. Rebus 2 gelas air dengan gula pasir dan gula aren sampai agak mendidih
  2. Kupas pisang sembari panaskan minyak
  3. Saat minyak sudah panas, iris pisang langsung kedalam penggorengan,
  4. setalah setengah matang masukkan 1 centong kecil rebusan gula, goreng hingga matang sempurn.
  5. Siap dihidangkan

Versi ke 3 Cara Buat Keripik Pisang Kepok

Bahan-Bahan

  • 16 bh pisang kepok
  • 1,5 sdm garam
  • secukupnya Gula
  • Bumbu halus :
  • 5 siung bawang putih
  • 15 bh cabe rawit

Langkah-Langkah

  1. Iris tipis-tipis pisang yang sudah dicuci sampai bersih
  2. kemudian tambahkan dengan garam dan juga bumbu halus aduk rata diamkan kurang lebih setengah jam dalam sebuah wadah untuk meresapkan bumbu.
  3. Siapkan wajan yg berisi minyak yg sdh panas.
  4. Goreng sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai setengah matang
  5. Kemudian taburi gula ke dalam wajan sesuai selera (me 4sdm) dengan proses terus diaduk biar gak lengket.
  6. Dan goreng sampai kuning kecoklatan angkat tiriskan.

Versi ke 4 Cara Buat Keripik Pisang Kepok

Bahan-Bahan

  • 15 buah pisang kepok mentah
  • 200 ml air
  • 5 sdm gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng
  • Alat pembuat / pemotong keripik

Langkah-Langkah

  1. Rebus air dan gula pasir sampai mencair rata, sisihkan
  2. Kupas pisang mentah sampai bersih
  3. Iris pisang menggunakan alat langsung kedalam minyak panas
  4. Goreng pisang sampai kering, angkat. Lakukan sampai pisang habis
  5. Rendam pisang goreng keair gula sebentar
  6. Goreng kembali pisang yang direndam air gula sampai gelembung air hilang
  7. Angkat pisang dan biarkan dingin

Kandungan Gizi Buah Pisang dan Manfaat Buah Pisang

Cara Buat Pisang Kepok

Buah Pisang merupkan salah satu jenis tanaman yang paling banyak dibudidayakan di kawasan yang memiliki iklim panas dan lembab seperti Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, Papua, Amerika Selatan dan Afrika.

Tanaman Pisang ini yang berdaun besar dan juga memanjang ini dapat menghasilkan buah yang dapat tersusun tandan dengan beberapa kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut dengan sisir.

Kandungan Gizi Buah Pisang per 100g

Berikut ini adalah kandungan pisang per 100G untuk Cara Buat keripik Pisang Kepok.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 89 kal
Karbohidrat 22,8g
Air 75%
Protein 1,1g
Gula 12,2g
Serat 2,6g
Lemak 0,3g
Vitamin A 3µg 0%
Vitamin C 8,7mg 10%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,1mg 1%
Vitamin K 0,5µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg 6%
Vitamin B3 (Niacin) 0,67mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,33mg 7%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,37mg 28%
Vitamin B9 (Folat) 20µg 5%
Vitamin B12 0µg

Manfaat Buah Pisang bagi Kesehatan

Buah Pisang yang kaya akan Serat, Vitamin B6, Vitamin C, Potassium (Kalium) memang banyak untuk memberikan manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya.

Berikut ini merupakan beberapa macam jenis manfaat buah pisang bagi kesehatan manusia Untuk Cara Buat Keripik Pisang Kepok

Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian.

Pisang yang kaya akan Potassium (Kalium) ini juga dapat menjaga kesehatan pada jantung dan juga dapat menjaga tekanan darah yang berada dalam kondisi yang stabil. Menurut beberapa penelitian,

Asupan dari kalium sebanyak 1,3g hingga 1,4g per hari juga dapat untuk menurunkan 26% risiko terkenanya penyakit jantung.

Di samping itu, buah pisang ini juga kaya mengandung Antioksidan yang dapat untuk menurunkan risiko dari terkenanya penyakit-penyakit yang berkaitan dengan masalah jantung.

Membantu saluran pencernaan

Serat tinggi yang dimiliki oleh buah Pisang juga dapat untuk membantu memperlancar saluran pada pencernaan.

Buah Pisang juga mengandung Pati Resisten (Resistant Starch) dan juga Pektin.

Merupakan sautu prebiotik yang dapat berguan untuk mendukung pertumbuhan bakteri yang baik sehingga dapat membantu kita dalam sistem pencernaan pada saluran usus.

Mengkonsumsi buah Pisang juga dapat mambantu kita dalam menghindari pengerasan feses yang pada dasarnya merupakan suatu gejala awal dari sembelit.

Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Vitamin C yang terdapat pada Pisang juga dapat menangkal dari pembentukan radikal bebas.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa radikal bebas juga merupakan penyebab dari penyakit kanker.

Selain Vitamin C, buah pisang memang mengandung serat yang dapat berfungsi untuk mencegah kanker kolorekterum.

Kanker Kolorekterum merupakan kanker yang dapat berkembang dari sel-sel pada usus besar.

Menjaga Kesehatan Mata

Seperti buah-buahan yang lainnya, buah Pisang memang mengandung antioksidan dan juga Karotenoid yang dapat berfungsi untuk meningkatkan kesehatan pada mata.

Katarak, Rabun senja dan juga Glaukoma dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi buah pisang yang cukup.

Menurunkan Risiko Gangguan Ginjal

Buah Pisang juga mengandung potassium atau kalium yang dapat berguan dalam membantu kita untuk mengatur keseimbangan cairan yang ada didalam tubuh.

Dengan cara mengkonsumsi Kalium yang cukup, kita juga dapat untuk menjaga kesehatan ginjal dan juga mencegah dari penyakit kegagalan ginjal.

Suatu penelitian telah menyatakan bahwa seseorang yang telah mengkomsumsi buah pisang 4 – 6 kali dalam seminggu mamang dapat menurunkan 50% risiko terkenanya dari penyakit ginjal.

Jika dibandingkan dengan mereka yang memang tidak mengkonsumsi buah pisang secara rutin.

Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Piridoksin atau juga bisa Pyridoxine (Vitamin B6) yang tinggi pada buah pisang juga dapat untuk menjaga kesehatan kulit .

Papat menyembuhkan berbagai masalah kulit seperti ketombe, jerawat dan kulit kering.

Sekian artikel tentang cara Buat Keripik pisang kepok saya kali ini , semoga artikel saya tentang cara buat keripik pisang kepok kali ini dapat memberikan manfaat bagi anda semua.

Manfaat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak Untuk Berbagai Penyakit

Manfaat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak Untuk Berbagai Penyakit

Manfaat kulit Manggis dan Daun srsak

Manfaat Kulit Manggis Dan Daun Sirsak Untuk Berbagai Penyaki terkandung dalam ke 2 buah, kulit dan juga batang pohon buah manggis.

Apalagi, manfaat kulit manggis dan daun sirsak yang juga  banyak dimanfaatkan untuk bisa mengobati berbagai penyakit.

Namun tidak hanya kulit Buah manggis saja yang juga memiliki banyak khasiat untuk menyembuhkan.

Daun manggis pun memiliki juga banyak manfaat yang dapat digunakan untuk dijadikan sebagai obat alternatif atau juga bisa dibuat racikan herbal.

berikut adalah beberapa, Manfaat Kulit Manggis dan Daun Sirsat.

Mencegah Kanker

Mengonsumsi ekstrak dari kulit buah manggis memang disarankan bagi mereka yang memang berisiko untuk terkena kanker atau juga bahkan mereka yang mengidap penyakit kanker.

Kulit pada buah manggis juga memiliki banyak kandungan antioksidan yang dapat berguna untuk memerangi radikal bebas penyebab penyakit kanker.

Meningkatkan Sistem Imun

Kulit Manggis juga mengandung vitamin C yang memang berperan penting dalam upaya untuk menjaga dan juga meningkatkan dalam sistem kekebalan tubuh Anda.

Vitamin C juga mengaktifkan sistem imun dari berbagai serangan radikal bebas, sehingga kita juga tidak mudah terserang  sakit.

Hal ini dikarenakan ada kandungan anti-bakteri yang emang dimiliki oleh kulit manggis sehingga dapat mampu memperangi infeksi bakteri.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kulit Manggis juga memiliki sangat sedikit kalori, hal ini juga membuatn aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Selain itu, ada kandungan serat yang ada di dalamnya sangat baik dalam mengontrol kadar gula yang ada dalam darah agar tetap normal.

Mencegah Sembelit

Selain baik untuk dalam upaya mengontrol gula darah, kandungan serat pada kulit buah manggis juga baik dalam usaha dalam mencegah susah buang air besar atau juga sembelit.

Serat dalam kulit manggis juga dapat menyerap air dari luar usus besar dan juga bisa membantu untuk melembutkan serta dapat melancarkan pencernaan Anda.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Manfaat dari serat pada kulit manggis lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi kadar kolesterol yang jahat yang ada dalam tubuh dan juga trigliserida serta bisa meningkatkan produksi kolesterol yang baik.

Serat kulit manggis berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat dan trigliserida dalam usus dan mencegah kedua lemak jahat tersebut agar tidak terserap dalam darah.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan adanya kemampuan dalam upaya mengontrol kadar kolesterol dalam darah, kulit pada buah manggis juga akan dapat untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara menyeimbangkan kadar kolesterol.

Mencegah penyumbatan pembuluh darah, dan juga untuk mencegah penyakit kardiovaskular Misalnya tekanan darah tinggi, stroke dan juga  penyakit jantung.

Mencegah Stroke

Manfaat lainnya adalah mampu untuk mencegah stroke. Kandungan antioksidan dari bahan alami ini adalah dapat untuk menjaga elastisitas pada pembuluh darah.

Mencegah Atheroclerosis yang  bisa menyebabkan stroke serta penyakit thrombosis yang lainnya.

Detoksifikasi

Kandungan Antioksidan yang tinggi yang ada dalam kulit manggis juga dapat mengikat racun dan jga bahan-bahan kimia berbahaya yang terhirup dari polusi.

Asap rokok, makanan olahan dan juga radiasi, serta  seluruh radikal bebas diatas akan bisa dikeluarkan lewat urin.

Mencegah Penuaan Dini

Kandungan Antioksidan yang tinggi memang sangat berguna untuk dapat mencegah penuaan dini pada kulit Anda.

Antioksidan yang ada dalam kulit buah manggis juga dapat untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dan akan ada juga mendorong untuk regenerasi sel-sel kulit baru.

Anda memang sudah cukup untuk mengonsumsi ekstrak kulit buah manggis atau juga jus selama satu minggu untuk bisa menghilangkan kerutan halus di wajah.

Mencerahkan Kulit

Vitamin C yang ada dalam kulit buah manggis memang dapat untuk mencerahkan kulit yaang kusam dan juga berminyak.

Vitamin C juga  telah terbukti secara saintifik dalam berbagai penelitian dalam manfaat untuk mencerahkan kulit.

Lebih jauh, vitamin C juga dapat membantu dalam kolagen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam upaya meremajakan kulit Anda.

Mengobati Jerawat

Kandungan anti-peradangan yang memang dimiliki kulit buah manggis juga dapat untuk mengurangi jerawat pada wajah Anda dan juga mencegah pembentukan jerawat baru.

Selain itu, kulit buah manggis juga memiliki kandungan anti-mikroba yang dapat berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk bisa mengobati jerawat, kita juga dapat menghaluskan kulit buah manggis dan juga menjadikannya sebagai masker wajah.

Atau kita juga dapat untuk mengonsumsinya secara langsung dalam bentuk kapsul atau juga jus.

Manfaat Daun Sirsak

Manfaat kulit Manggis dan Daun sirsak

Ada banyak sekali manfaat pada daun sirsak. Berikut adalah manfaat kulit manggis dan Daun sirsak yang perlu anda perhatikan

Mengobati Kolesterol

Bagi Sahabat yang mempunyai kolesterol yang tinggi, anda bisa mengambil Berbagai macam manfaat rebusan daun sirsak untuk bisa mengatasi atau juga bisa mengobatinya.

Untuk bisa merasakan manfaat daru daun sirsak untuk kolesterol, kamu hanya perlu untuk meminum air rebusan dari daun sirsak.

Mengobati Penyakit Paru-Paru

Sebagai anti bakteri, manfaat dari daun sirsak untuk bisa mengobati penyakit paru-paru.

Daun sirsak yang telah direbus juga bisa digunakan untuk bisa mengobati penyakit paru-paru yang basah maupun yag=ng kering.

Mengobati kanker

Manfaat dari daun sirsak terutama untuk bisa mengobati kanker. Bahkan manfat daun sirsak juga dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan sangat efektif bila dibandingkan dengan kemoterapi.

Ini merupakan kandungan acetogenin dalam daun sirsak memang mampu untuk mengobati dan juga menyembuhkan pasien yang sedang mengidap kanker.

Mengobati kista ovarium

Manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mampu untuk mengobati kista ovarium.

Kista ovarium bisa juga disebut degan tumor jinak yang telah muncul pada ovarium. Jika Anda tidak segera untuk diobati, kista juga dapat berkembang sebagai penyakit kanker.

Oleh karena itulah kamu sekarang bisa mengambil manfaat dari  daun sirsak untuk bisa mengobati kista ovarium.

Mengobati Diabetes

Senyawa polifenol, saponin, dan juga bioflavonoid yang terkandung pada pada daun sirsak .

Memang sudah terbukti dapat untuk menstabilkan jumlah kadar gula dalam darah pada tubuh manusia dan juga bisa menjadikannya normal.

Mengobati Asam Urat

Asam urat juga kadang super menyiksa. Tapi Kini, daun sirsak bisa dipakai untuk dapat  meringankan nyerinya.

Kandungan cetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan jugaasam linoleat memang ampuh untuk melawan asam urat.

 Mengobati Penyakit Hati

Siapa yang menyangka,ternyata penyakit hati bisa diatasi oleh daun sirsak jika adda campurkan dengan teh.

Pasalnya, daun sirsak juga bisa merangsang produksi hormon insulin dengan cara yaitu membantu sel beta di pankreas.

Sekian artikel tentang Manfaat Kulit manggis dan Daun sirsak yang dapat saya sampaikan kali ini,semoga artikel saya tentang manfaat kulit manggis dan daun sirsak kali ini bisa memberikan manfaaat bagi anda semua